Beranda Bekasi APTISI IVA: Persaingan Ketat, Akreditasi Perguruan Tinggi dan Tri Dharma Sangat Penting

APTISI IVA: Persaingan Ketat, Akreditasi Perguruan Tinggi dan Tri Dharma Sangat Penting

KOTA BEKASI, TVBERITA.CO.ID– Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) wilayah IVA terus menyerukan kepada semua perguruan tinggi yang ada di wilayah Kota/Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta untuk dapat bekerjasama, satu sama lain dalam peningkatan akreditasi dan Tri Darma pengabdiannya kepada mayarakat.

Hal tersebut disampaikan Ketua APTISI Wilayah IVA, Ir. H. Makmur Heri Sentoso saat dikonfirmasi Tvberita.co.id terkait saat ini masih ada beberapa kampus di wilayah Kota dan kabupaten Bekasi yang belum mengantongi Akreditasi B atau sampai ke akreditasi A.

“Saya sangat setuju dalam peningkatan akreditasi kepada semua Perguruan tinggi swasta, karna mau tidak mau, dengan kehadiran perguruan tinggi yang baru di Kota dan Kabupaten Bekasi, maka akan bersaing,” ungkap Makmur Heri Sontoso.

Menurutnya, dari sisi dasarnya saja namanya tri darma perguruan tinggi itu satu satunya tujuannya memberikan pendidikan.

“Jadi kalau tuntutannya, saat ini semua perguruan tinggi memang lagi bersaing.
seperti saat ini kita lagi menghadapi era industri 4.0, bahkan di Jepang sudah menghadapi era digital 5.0, makanya tuntutan itu wajar-wajar saja,” jelasnya.

Maka dari itu, lanjutnya, Aptisi tak pernah bosan menyerukan adanya satu kerjasama bidang keilmuan yang dimiliki oleh masing-masing perguruan tinggi.

“Makanya saat ini, dengan adanya Aptisi itu menjadi salah satu wadah untuk bersinergi dalam meningkatkan akreditasi sebuah perguruan tinggi.

“Kalau perguruan tinggi yang sudah lama ada di Kota Bekasi hanya duduk diam, tidak bergerak dan tidak bekerjasama dengan media untuk publikasi, maka sudah jelas kampusnya tidak akan dapat apa-apa. Tidak akan mendapatkan kepercayan dari masyarakat, dan mahasiswa pun tidak akan dapat,” jelas Makmur lagi,

Dia mengimbau kepada semua perguruan tinggi terkait akreditasi juga sangat berpengaruh pada mahasiswa. Tentunya pengabdian pada masyarakat nomer satu dan litbang sebagai pengabdiannya pada masyarakat. Namun demikian, semua itu memang membutuhkan biaya dan anggaran lumayan besar.

“Dengan keadaan saat ini, mau tidak mau harus dipaksakan dan diprioritaskan sebuah peningkatan akreditasi itu. Tidak semua perguruan tinggi mampu melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Harapannya, kalau sebuah perguruan tinggi ingin maju bersama, kita harus bisa menyatukan diri sesuai dengan cluster-cluster keilmuannya. Aptisi siap membantu agar ke depan perguruan tinggi di wilayah IVA harus bisa maju dan lebih baik dari negara lain,” Bebernya. (ais/kie)