Beranda Regional Atasi Kemacetan, Pertamina EP Bantu Pelebaran Jalan di Sedari

Atasi Kemacetan, Pertamina EP Bantu Pelebaran Jalan di Sedari

CIBUAYA, TVBERITA.CO.ID- Fenomena pantai Sedari, yang berada di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya di akhir tahun 2017 silam, mengundang ribuan orang untuk berlibur menyambut tahun 2018, sehingga mengakibatkan kemacetan di jalan yang menjadi satu-satunya akses ke pantai tersebut.

Setelah dibangunnya jalan dan dua jembatan yang menjadi akses utama menuju Desa Sedari tahun 2017 dengan bantuan CSR dari PT Pertamina Hulu Energi-Offshore North West Java (PHE-ONWJ).

Kini giliran PT Pertamina EP Tambun Field bekerjasama dengan pemerintah Desa Sedari mengadakan pelebaran jalan yang menjadi akses ke Desa Sedari.

Kepala Desa Sedari, Bisri Mustafa menjelaskan kemacetan panjang yang terjadi saat libur tahun baru 2018 lalu memang dampak dari semakin dikenalnya pantai Sedari.

“Selain baru menjadi tujuan wisata, sehingga kurang terantisipsi, akses jalan yang dibangun oleh PT Pertamina ONWJ ini juga kurang lebar akibatnya terjadi kemacetan panjang saat memasuki Desa Sedari. Macetnya sampai 10 Km,” jelas Bisri kepada KORAN BERITA (Grup Tvberita.co.id).

Masih menurut Kades Sedari, kejadian tersebut akunya dijadikan pelajaran sehingga menjadi targetnya dan pemerintah desa untuk berbenah. Gayung bersambut PT. Pertamina EP Tambun Field merespon keinginan kami untuk memperlebar jalan tersebut.

“Kerja sama dengan PT. Pertamina EP Tambun Field. Dengan panjang kurang lebih 900 meter dan lebar 1 meter, pelebaran sedang berjalan dan kemungkinan dua jembatan yang adapun akan kita perlebar,” katanya.

Selain pihak swasta lanjut Bisri, Pemkab Karawang pun akan kembali berperan dalam pembenahan objek wisata Pantai Sedari.

“Dari awal Pemkab telah ikut mengembangkan Pantai Sedari dengan dibangunnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) di bibir pantai dan akan terus mendukung pemerintah Desa Sedari untuk menjadikan Pantai ini menjadi tujuan pariwisata di Kabupaten Karawang,” tandasnya.

Bisri menambahkan, dengan diperlebarnya jalan tersebut dirinya berharap selain berkembangnya Pantai sebagai tujuan wisata juga dapat mengembangkan perekonomian masyarakat Desa Sedari.

“Selain pantai yang harapan saya bisa berkembang, harapan saya pun kepada masyarakat untuk bisa memanfaatkan kondisi ini untuk juga berkembang, secara finansial dan secara berfikir. Dengan kemudahan yang kita (pemerintah) berikan dengan dibangunnya jalan yang layak, berharap masyarakat bisa mengembangkan usaha yang telah berjalan dan membuka usaha yang belum ada sehingga secara keseluruhan dapat berkembang,” pungkasnya.(yay/ris)