Beranda Karawang Bagikan Sertifikat PTSL Bareng BPN, Begini Pesan Saan Mustopa ke Masyarakat

Bagikan Sertifikat PTSL Bareng BPN, Begini Pesan Saan Mustopa ke Masyarakat

KARAWANG – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang digagas Kementerian ATR/BPN mulai kembali berjalan di tahun 2022 ini.

Teranyar, BPN Karawang didampingi Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Saan Mustopa membagikan sertifikat PTSL sebanyak 1.061 bidang tanah di lima desa di Kabupaten Karawang.

Kepada masyarakat, Saan Mustopa berpesan agar masyarakat penerima bisa menjaga baik-baik sertifikatnya.

Baca juga: Saan Mustopa: PTSL BPN Wujud Keadilan Sosial bagi Masyarakat

Pasalnya, sertikat tersebut merupakan surat bukti kepemilikan tertinggi. Karenanya, sertifikat kepemilikan jangan sampai hilang.

“Tolong dijaga baik-baik (sertifikatnya) ya, jangan sampai hilang,” ucap Saan disambut anggukan masyarakat Desa Kosambibatu, Cilebar, Rabu (23/2).

Melalui sertifikat PTSL, menurutnya masyarakat yang menempati lahan untuk rumah atau kebun bisa mendapat kepastian hukum. Pasalnya, sertifikat merupakan surat bukti kepemilikan tertinggi. Sehingga lahan yang ditempati terjamin secara hukum.

“Kedua, ini semangat untuk mewujudkan keadilan sosial atas hak tanah. Masyarakat ini kan mendapatkan keadilan terkait hak atas penguasaan tahan. Penguasaan itu salah satu bentuknya sertifikat,” kata Saan, Rabu (23/2).

Baca juga: BPN Karawang Bagikan 1.061 Sertifikat PTSL di 5 Desa

Di samping itu, terbitnya sertifikat ini menjadi akses ekonomi bagi masyarakat. Sebab, nilai ekonominya secara otomatis bertambah.

“Kalau misalnya mereka miliki sertifikat tentu nilai ekonominya bertambah. Beda kan kalau suratnya masih girik, sekarang berubah jadi sertifikat, tentu harga akan berbeda. Sehingga meningkatkan ekonomi,” ulasnya.

“Selain itu akses ekonomi bisa didapat dengan cara dijaminkan kalau misalnya mereka butuh modal, apakah untuk berjualan atau bercocok tanam. Jelas mengapa kita dorong PTSL itu ada,” papar Saan. (kii)

Artikel sebelumnyaAjang Sopandi Gelar Reses Guna Serap Aspirasi dan Salurkan Sejumlah Bantuan
Artikel selanjutnyaTak Miliki Andal Lalin, Proyek Perumnas Royal Campaka Terancam Dihentikan