Beranda Bekasi Bahas Tantangan Pembangunan, Wali Kota Bekasi Hadiri Acara Mayor Caucus 2019

Bahas Tantangan Pembangunan, Wali Kota Bekasi Hadiri Acara Mayor Caucus 2019

BOGOR, TVBERITA.CO.ID- Pemerintah Kota Bogor berkesempatan menjadi tuan rumah pada acara Mayor Caucus Tahun 2019 diadakan di Balaikota Bogor yang dihadiri beberapa Kepala Daerah dari 28 berbagai Kota dan kabupaten di Indonesia. Pemerintah Kota Bekasi, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi ikut turut serta dalam acara Mayor Caucus 2019.

 

Mayor Caucus merupakan kegiatan pertemuan para wali kota yang bertujuan untuk mendiskusikan tantangan dalam pembangunan perkotaan.

Bima Arya selaku tuan rumah mengungkapkan Mayor Caucus digagas oleh Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) dengan dukungan Pemerintah Kota Bogor, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi).

Garis besar diskusi nanti mencakup tantangan, langkah perbaikan, bentuk kolaborasi antar daerah yang paling sesuai, dan dukungan yang perlu diberikan dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Tujuan 11 TPB memberikan prioritas aksi untuk tujuh aspek pembangunan, seperti Perumahan dan Pelayanan Dasar yang Layak, Aman dan Terjangkau, Sistem Transportasi Publik yang Aman, Terjangkau, Mudah Diakses, dan Berkelanjutan, Urbanisasi yang Inklusif dan Berkelanjutan, Pelestarian Warisan Budaya, Pengurangan Risiko Bencana, Pengurangan Dampak Lingkungan Perkotaan serta Pengembangan Ruang Terbuka Hijau dan Ruang Publik yang Aman, Inklusif dan Mudah Dijangkau.

Di penghujung acara, akan dibacakan kesimpulan dari pembahasan yang sekaligus dituangkan dalam Komunike Bersama.

Komunikasi Bersama ini akan ditandatangani oleh seluruh Wali Kota yang hadir sebagai wujud komitmen untuk mendorong pencapaian kota dan permukiman yang inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan. Komunikasi bersama akan dibacakan di Pembukaan 55th ISOCARP World Congress yang akan dibuka oleh Presiden Jokowi di IICC, Botani Square Bogor.(ais/kb)