Beranda Regional Banjir Karawang dan Keluhan Gina Swara: ‘Tak ada peringatan dini’ dari Pemkab

Banjir Karawang dan Keluhan Gina Swara: ‘Tak ada peringatan dini’ dari Pemkab

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Bakal Calon Bupati Karawang, Gina Fadlia Swara meninjau langsung korban banjir  di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Minggu (1/3).

Gina Swara yang datang bersama tim nya , terpantau Tvberita.co.id memberikan sejumlah bantuan, baik berupa obat-obatan, nasi bungkus dan sembako.

Kepada Tvberita.co.id, Gina Swara yang saat ini duduk menjabat sebagai Anggota DPRD Propinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Gerindra berharap bantuan yang diberikan dapat meringankan beban penderitaan warga yang menjadi korban banjir.

Menanggapi soal musibah banjir yang melanda Kabupaten Karawang saat ini, Gina Swara menjelaskan bahwa memang meski setiap tahun terjadi banjir, namun seharusnya ada pola antisipasi dan penanganan banjir yang lebih baik dari pemerintah daerah Kabupaten Karawang.

“Saya mendengar keluhan dari beberapa korban banjir, baik tadi di Desa Karangligar atau di Segaran ini bahwa seringnya air tiba-tiba datang. Banyak warga tidak sempat mengungsi atau menyelamatkan barang-barangnya. Dan hal tersebut karena tidak ada peringatan dini dari pihak terkait”, kata Gina Swara menyesalkan.

Menurut Gina Swara, pemerintah seharusnya bisa mendeteksi dan memberikan peringatan dini kepada warga di lokasi yang memang kerap atau potensial banjir.

Misalnya, dijabarkan Gina Swara, banjir merupakan air kiriman dari hulu Sungai Citarum.

Dan ketika Bendungan Saguling, Cirata dan Jatiluhur sudah tidak mampu menampung, maka luncuran air sampai ke Karawang dapat diprediksi waktu tibanya.

“Pengamatan ketinggian air secara berkala wajib dilakukan,” tambahnya.

Politisi Partai Gerindra ini berharap semoga kedepan Karawang memiliki Sistem Informasi Kebencanaan Karawang Terpadu yang dapat diakses oleh masyarakat. Apalagi sekarang teknologi informasi sangat dibutuhkan.

Sehingga Masyarakat bisa mengetahui mana daerah yang rawan terjadi banjir. Bagaimana tingkat curah hujan. Ketinggian air di sungai-sungai. Dan statusnya bagaiamana?.

” Normal, waspada, siaga atau awas. Dan yang terpenting ada peringatan dini yang bisa meminimalkan resiko banjir. Masyarakat juga bisa memberikan laporan lapangan dan masukan kepada Pemerintah Daerah atau BBWS”, jelas Gina Swara dengan penuh semangat.

Terakhir, Ketika berpamitan dengan warga, Gina Swara mengajak agar warga masyaakat tetap tabah dan sabar, serta selalu berdoa dalam menghadapi musibah banjir ini.

“Jangan patah semangat, semoga kedepan ada perubahan yang lebih baik,” pungkasnya.(nna/kie)