Beranda Regional Bazar Pangan Murah Stabilkan Harga di Karawang

Bazar Pangan Murah Stabilkan Harga di Karawang

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Untuk menjamin stok bahan pangan dan mengamankan harga pangan stabil jelang bulan Ramadhan yang hanya tinggal beberapa hari kedepan, Dinas Pangan Kabupaten Karawang bakal menggelar kegiatan pangan murah dan berkualitas bersama beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dinas Pangan Kabupaten Karawang, Kadarisman. Menurutnya, jelang mendekati puasa pihaknya bersama beberapa OPD akan melakukan kegiatan pangan murah berkualitas, dimana pangan murah itu dibeli langsung dari petani dan dipasarkan langsung kepada masyarakat.

“Sehingga jelas harganya murah jauh berbeda dengan di pasaran, karena kita langsung membeli dari petani dan menghilangkan beberapa rantai proses penjualan. Saya rasa dengan seperti ini harga-harga akan tetap stabil,”jelasnya.

Selain membuka bazar murah di beberapa titik, lanjut Kadarisman, pihaknya juga akan langsung memonitor pasokan dan harga pangan, serta adanya dukungan informasi dan database pasokan dan harga pangan.

Ia menerangkan, BKP juga memiliki Toko Tani Indonesia Centre (TTIC) yang merupaakan toko yang diperuntukan bagi petani untuk menjual barangnya disana dengan harga yang sama dengan ia menjual kepada pihak lain.

“Rumah pangan kita ini akan bekerja sama dengan Dolog, dimana harga sembako murah agar tidak terjadi lonjakan harga tinggi,”ujarnya.

Kadarisman berharap langkah tersebut mampu menjaga stok dan komoditas pangan. Harga yang terkendali dan terjangkau hingga bulan puasa Ramadhan yang hanya tinggal beberapa hari lagi.

“Melalui berbagai upaya tersebut, diharapkan stok komoditas pangan akan tersedia dan harganya bisa dikendalikan. Sehingga saat memasuki puasa dan lebaran nanti tidak ada gejolak harga pangan. Kita juga ada tim Satgas Pangan yang membantu mejelang ramadhan,”terang Kadarisaman kepada Koran Berita beberapa waktu lalu.

Adapun beberapa kenaikan harga, diungkapkan Kadarisman terhitung hingga Minggu yang lalu. Namun tidak terlalu parah. Misalnya, Telur dan daging ayam antara naik antara Rp. 2000 – 3000 untuk telur dan ayam naik Rp. 3000-4000.

“Untuk Daging beku sekitar Rp. 75000 – Rp. 80 000, sedangkan Daging normal Rp.110.000, Ikan basah , Beras ,Minyak dan Bawang masih tetap pada harga normal,”pungkasnya.(nin/ds)