Beranda Regional BBWS Diminta Perbaiki Tanggul Citarum Amblas di Telukbango

BBWS Diminta Perbaiki Tanggul Citarum Amblas di Telukbango

BATUJAYA, TVBERITA.CO.ID- Layaknya warga Dusun Lolohan II Desa Kuta Ampel, jelang datangnya musim penghujan, warga Desa Telukbango, Kecamatan Batujaya pun diresahkan dan meminta Pemerintah Kabupaten Karawang segera memperbaiki dua titik tanggul sungai Citarum yang rusak atau amblas didesa mereka.

 

Seperti halnya yang diutarakan, Jhon (40) warga sekitar, dirinya sangat khawatir dengan datangnya musim hujan dan melihat kondisi tanggul sungai Citarum, yang telah rusak atau amblas sepanjang 10 meter, dengan kedalaman lebih dari 1 meter.

“Kami yang tinggal disekitar tanggul tersebut sangat khawatir. Bila hujan turun terus menerus dipastikan air sungai Citarum naik, kemungkinan tanggul akan jebol,” katanya, Minggu (18/11). Sementara itu Kepala Desa (Kades) Telukbango, Subur, berharap perhatian Pemkab untuk mengantisipasi datangnya musim penghujan dengan secepatnya memperbaiki tanggul yang ambalas tersebut.

“Dari tahun 2013 semenjak tanggul jebol penanganan tidak maksimal, malah hampir dikatakan proyeknya asal asalan. Malah sekarang yang amblas ada dua titik rawan. Padahal pengajuan sudah berkali kali tapi belum ada tindak lanjut,” ucap Subur, saat dihubungi via telepon selularnya.

Ia menjelaskan, pemerintah Desa dan masyarakat sudah melakukan antisipasi dengan melakukan pengurugan meggunakan karung. Tapi menurutnya sampai dengan saat belum ada respon dari BBWS. “Harapan kami semua, agar pihak BBWS secepatnya merealisasikan perbaikan secara permanen pada tanggul sungau Citarum dan bukan pengurugan. Agar saat air besar datang ada penahan,” pungkasnya.(KB)