Beranda Regional Bekasi Tuan Rumah Jade 2017 Pertama di Indonesia

Bekasi Tuan Rumah Jade 2017 Pertama di Indonesia

BEKASI, TVBERITA.CO.ID- Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, Dedy Mizwar menyatakan, 5.312 kepala desa (Kades), 645 lurah, dan 250 tenaga pendamping antusias mengikuti Jambore Desa (Jade) 2017 yang pertama kali digelar di Indonesia ini.

Kata dia, Jade 2017 ini adalah yang terbesar dan diselenggarakan dalam upaya pembinaan penyelenggaraan Pemerintahan Desa (Pemdes) di Jawa Barat dalam hal pengelolaan keuangan desa.

“Ini kita kemas melalui dialog, seminar, cerdas cermat sampai ngaliwet bareng. Ini menjadi event yang patut Pemprov apresiasi. Karena ini yang pertama secara nasional,” ujar Dedy usai membuka Jade di Lapangan Pasirsari, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Senin (11/11).

“Ini menjadi spirit membangun dari pinggirian. Desa tak bisa dianggap lagi terbelakang, hingga primitif. Desa harus menjadi pengharapan kemajuan masyarakat ke depannya. Dan Jade ini adalah jembatannya. Desa menjadi ujung tombak utama pembangunan,” sambungnya.

Kepala DPMD Provinsi Jawa Barat, Agus Hanafi menuturkan, pembukaan Jade 2017 ini diawali dengan pawai defile para desa. Defile ini adalah salah satu hal untuk penilaian dari tim juri dalam kegiatan Jade 2017.

“Ini dilaksanakan di Desa Pasirsari karena merupakan desa pada 2017 ini masuk dalam desa 5 besar se-Indonesia yang mendapatkan penghargaan,” tuturnya.

Dia menerangkan, hal utama dari dipilihnya Jade di Pasirsari adalah salah satu desa yang bagus dalam membangun demografi, potensi dan lainnya.

“5.312 kades dan lurah ini difasilitasi secara on the spot mandiri. Semua mandiri. Karena ini persiapannya hanya satu bulan untuk pelaksanaan Jade yang pertama kali digelar se-Indonesia, bukan hanya di Jawa Barat,” bebernya.

Sementara itu Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin menambahkan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas ditunjuknya Kabupaten Bekasi sebagai lokasi penyelenggara Jade yang pertama kali di Indonesia ini.

“Kita memang memiliki kawasan industri terbesar se-Indonesia. Semoga Kabupaten Bekasi semakin bersinar dan diberikan keberkahan oleh Allah SWT. Karena ini adalah hal yang sangat membanggakan menjadi tuan rumah,” tukasnya. (gil/fzy)

Artikel sebelumnyaTemuan Inspektorat, Ketua TPK Ogah Beri Keterangan
Artikel selanjutnyaPembunuh Mashita Ditangkap, Ternyata Korban Salah Sasaran