Beranda Bekasi Memeriahkan HUT Kota Bekasi, Diskominfostandi Menghelat Free Trial Class Programming

Memeriahkan HUT Kota Bekasi, Diskominfostandi Menghelat Free Trial Class Programming

KOTA BEKASI, TVBERITA.CO.ID – Dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) Kota Bekasi ke – 23 Tahun 2020, Diskominfostandi Kota Bekasi bekerjasama dengan Haltev sebuah lembaga pelatihan dan pengembangan dibidang teknologi informatika mengadakan free trial class programmer di gedung pasca sarjana Universitas Islam 45 (Unisma) Bekasi. Minggu, (08/03/2020).

Tidak terlepasnya kehidupan masyarakat sekarang ini dengan teknologi dan berbagai gawai yang semakin canggih kian memudahkan masyarakat untuk mengakses berbagai kebutuhannya melalui aplikasi dan berbagai layanan berbasis teknologi lainnya. Oleh karena itu, dengan berbagai kemajuan dan kemudahan yang dihasilkan dari teknologi tersebut harus diimbangi dengan pemahaman yang baik terkait penggunaan dan pemanfaatan teknologi agar memberi nilai lebih bagi kehidupan individu maupun masyarakat.

Diskominfostandi sebagai leading sector dan representasi Pemerintah Kota Bekasi sebagai dinas yang mengembangkan layanan masyarakat berbasis teknologi informasi memandang perlu adanya penguatan sumber daya manusia khususnya dibidang programming untuk dapat mendukung dan mengembangkan layanan yang prima bagi masyarakat Kota Bekasi. Hal tersebut sejalan dengan Haltev id, salah satu lembaga pendidikan dan pelatihan yang concern di bidang teknologi informasi. Lembaga ini telah banyak melakukan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dalam bidang teknologi dan melahirkan programmer yang handal.

Acara free trial class programmer di buka secara resmi oleh Wali Kota Bekasi yang pada kesempatan kali ini diwakili Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Bekasi, Dr. Encu Hermana Radhman, MM., menyambut baik dengan adanya acara tersebut.

Dalam sambutan tertulisnya, Wali Kota Bekasi juga berharap dengan adanya pelatihan seperti ini akan mampu meningkatkan kemampuan IT kepada peserta dan dapat mengembangkan pengetahuan IT yang di dapat menjadi hal yang bermanfaat untuk masyarakat yang lebih luas.

Lebih lanjut, Wali Kota Bekasi juga melihat perkembangan IT sejalan dengan kebijakan untuk mewujudkan Bekasi Smart City. “Kota Bekasi memandang perlu untuk mengadopsi konsep ini (smart city), disebabkan oleh keinginan untuk menyelesaikan personal perkotaan dengan cara yang tidak biasa (thinking out of the box).”

Sejalan dengan itu, pemahaman teknologi untuk konteks smart city harus lah dipandang secara sistemik, terkait dengan sumber daya manusia, energi, infrastruktur serta keberlanjutan program-program pembangunan yang tidak terlepas dari karakteristik sosial budaya masyarakat itu sendiri.

Founder dari Haltev id. Abdul Halim, berterimakasih kepada Pemerintah Kota Bekasi atas kerjasama terkait penyelenggaraan free trial class programming. Begitu pula dengan panitia penyelenggara yang mengemukakan terimakasih dan harapan untuk terus dapat melaksanakan kegiatan pelatihan programmer secara berkala. “Kami sangat berharap kedepan bisa bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bekasi sekaligus bisa mengedukasi masyarakat terkait teknologi dan literasi digital di berbagai level usia.” Ungkap Dendi Algifari (ketua panitia pelaksana).

Animo peserta dalam acara ini juga sangat baik. Terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti pelatihan ini hingga mencapai 200 orang peserta yang diklasifikasikan menjadi 3 kelas, yaitu kelas remaja yang diikuti oleh pelajar mulai dari tingkat SMP dan SMA, kelas dewasa terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum, serta kelas VIP untuk para pegawai Pemerintah Kota Bekasi. Materi pelatihan diberikan oleh para narasumber yang kompeten dan disajikan secara menarik sesuai dengan klasifikasi level kelas/usia para peserta. (hms/kb)