Beranda Regional Bentrok Perebutan Lahan, 4 Orang Terluka

Bentrok Perebutan Lahan, 4 Orang Terluka

MAMUJU UTARA, TVBERITA.CO.ID– Sekitar 70 warga dan ratusan karyawan perusahaan sawit terlibat bentrok.

Mereka mempersoalkan lahan seluas 1.050 hektar di Afdeling Baribi, Kecamatan Baras, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat, yang sudah lama jadi sengketa.

Akibat bentrokan tersebut, empat orang terluka. Satu di antaranya dilarikan ke rumah sakit karena luka parah di bagian badan dan wajah.

Salah seorang warga, Samsal mengatakan, bentrokan antara warga dan karyawan perusahaan sawit bukan yang pertama.

Aksi saling pukul ini sudah terjadi berulang kali. “Tadi bentrok lagi, ada yang terluka parah.

Warga sempat menyita sejumlah senjata tajam yang digunakan karyawan membela perusahan,” tutur Samsal, Jumat (2/3/2018).

Samsal menjelaskan, sengketa lahan ini sudah berlangsung selama empat tahun. Sejumlah instansi dari pemerintah daerah hingga pusat sudah mencoba membantu. Bahkan DPRD setempat membuat Pansus.

Namun sengketa lahan ini tak kunjung usai. Seusai bentrokan yang terakhir, warga pergi ke kantor polisi dan melaporkan bentrokan tersebut.

Warga datang membawa barang bukti berupa dua buah parang dan dua buah badik yang diduga milik karyawan perusahaan sawit.

yangdisita dan diduga milik karyawan diserahkan kepada pihak kepolisian sebagai bukti laporan. Kapolsek Baras, Pasangkayu, Mamuju Utara, Iptu Nurdin mengaku masih memeriksa laporan warga.

Sementara untuk barang bukti, polisi menyita dua barang bukti berupa parang panjang dan dua badik yang diserahkan warga kepada kepolisian. “Laporannya sedang kami dalami,” ucap Nurdin.

Jauhnya lokasi sengketa dengan sarana pengamanan seperti kantor polisi, membuat tak ada pengamanan saat warga dan pihak perusahaan terlibat bentrok.(KB)