Beranda Regional Bentuk Karakter Siswa, SMK PGRI Cikampek Gelar LDKS

Bentuk Karakter Siswa, SMK PGRI Cikampek Gelar LDKS

CIKAMPEK, TVBERITA.CO.ID- Sekitar 40 pelajar SMK PGRI Cikampek di berbagai jurusan ikuti Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa(LDKS) beberapa waktu lalu. 

Dilaksanakannya LDKS untuk mencetak para siswa atau pelajar yang disiplin dan mampu menjadi pemimpin di sekolah.

Menurut Iwan Suhendra, S.Pd Staf Kesiswaan SMK PGRI Cikampek. Bahwa setiap tahun LDKS dilaksanakan untuk membentuk karakter siswa yang berjiwa pemimpin dan berdispilin.

Pasalnya, untuk memimpin organisasi di sekolah seperti OSIS dibutuhkan pelajar yang berdisplin, dan cerdas. Kedispilinan dalam kepemimpinan siswa itu harus dibentuk melalui kegiatan LDKS.

“Yang namanya pelajar itu, jiwa kepeminpinannya harus dibentuk. Setelah lulus nanti melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Dipastikan apa yang di dapat di LDKS ada manfaatnya,”tandasnya.

Selain kegiatan LDKS yang telah dilaksanakan. SMK PGRI Cikampek juga telah melaksanakan pemilihan ketua OSIS secara terbuka melalui miniatur pemilu. Tujuannya pembelajaran demokrasi di sekolah perlu dilakukan.

“Sistem pemilu terbuka pemilihan ketua OSIS pun telah dilaksanakan. Yah seperti pelaksanakan pemilu. Pemungutan suaranya, ada bilik suara, kertas suara dan debat kandidat calon ketua OSIS,”paparnya.

Ia juga menambahkan bahwa pembelajaran kepemimpinan dan proses demokrasi harus diadakan. Sebab para pelajar itu calon para pemimpin bagi bangsa yang akan datang.

“Para pelajar itu para calon pemimpin bangsa. Maka sejak dini perlu di persiapkan dari lingkungan sekolah,”katanya.

Sementara Ahya, S.Pd mengatakan bahwa proses pemilihan Ketua OSIS secara demokratis. Proses demokrasi pemilihan ketua OSIS diikuti, Rio Haryadi XI TKR 2, Selpia Wulandari X TKR 4
Mida Denia Hakim, kelas XI RPL.

“Mereka maju di proses pemilihan ketua OSIS. Alhamdulillah proses demokrasi berjalan dengan lancar. Dan yang terpilih adalah Mida Denia Hakim,”katanya.

Senada Saefi Bayu Saputra, ST, Pembina OSIS SMK PGRI Cikampek. Para siswa SMK PGRI akan terus diberikan ilmu kepemimpinan di sekolah. Melalui kegiatan OSIS dan kegiatan ekstrakulikuler mampu mencetak siswa yang trampil cerdas dan mampu menjadi calon pemimpin yang akan datang.

“Ilmu kepempinan yang berikan enam mentor di LDKS akan membentuk karakter siswa yang kuat dalam menjalankan kepemimpinan di kegiatan sekolah,”singkatnya.(cr1/ris)