Beranda Headline Berdayakan Janda dan Lansia, Mak Edah Raih Penghargaan Local Hero Achievement

Berdayakan Janda dan Lansia, Mak Edah Raih Penghargaan Local Hero Achievement

Mak Edah (kedua dari kiri), salah satu penggerak program KAWAT CINTA yang dibina Pertagas OWJA.

KARAWANG – Afiliasi Sub Holding Gas Pertamina, PT Pertamina Gas Operation West Java Area (Pertagas OWJA) meraih Silver Award – Local Hero Achievement melalui Zubaedah (Mak Edah) pada ajang E2S Proving League 2022.

Mak Edah merupakan salah satu penggerak program KAWAT CINTA yang dibina Pertagas OWJA sejak akhir tahun 2019 di Desa Tanjung, Kacamatan Banyusari, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Dengan pemberdayaan para janda dan lansia, Mak Edah tergerak untuk berbuat sesuatu guna mengubah kondisi desanya yang pada awalnya berstatus desa rawan pangan, kini menjadi desa yang produktif dan mampu menekan tingkat kemiskinan.

Baca juga: Berkah Ramadan, Pertagas West Java Area Santuni Ribuan Anak Yatim

Berbekal kemampuan mengolah jamu dan pendampingan pelatihan oleh Pertagas OWJA, Mak Edah menjalankan usaha KWT Kenanga melalui penjualan produk Kerupuk Kencur dan Jamu Sehat yang kemudian mampu memberikan penambahan pendapatan kepada anggota yang terdiri dari para janda dan lansia.

Selain itu KWT Kenangan juga berhasil mendirikan sekolah PAUD gratis, bernama PAUD Anugerah dengan siswa sebanyak 43 orang. Kontribusi Mak Edah memberdayakan masyarakat turut mampu memberi jawaban untuk persoalan pendidikan di desanya.

Elok Riani Ariza Manager Communication Relation & CSR Pertagas menyampaikan apresiasinya atas prestasi yang diraih KWT Kenanga melalui Mak Edah.

Baca juga: Pertagas WJA Berhasil Dorong Masyarakat Kembangkan Pertanian Ramah Lingkungan di Cilamaya

“Peran Mak Edah berkontribusi untuk desanya menginspirasi kita semua. Semoga menjadi motivasi bagi desa-desa yang lain. Melalui Program CSR dan pendampingan yang dilakukan Pertagas di KWT Kenanga merupakan bukti komitmen perusahaan di bidang pemberdayaan masyrakarat yang berjalan berdampingan dengan berkontribusi dalam sektor industri migas,” ujar Elok.

Atas kegigihan dan semangat memajukan desa dengan program ketahanan pangan serta peningkatan kualitas pendidikan, pada hari jumat (29/8), E2S Proving Leage memberikan penghargaan Local Hero Achievement kepada Mak Edah.

“Harapannya penghargaan ini akan memacu inovasi KWT Kenanga berkontribusi lebih memajukan desa,” tutupnya. (rls)