Beranda Headline Bertabur Pertunjukan Kesenian, Festival Goyang Karawang TNI-Polri Berlangsung Meriah

Bertabur Pertunjukan Kesenian, Festival Goyang Karawang TNI-Polri Berlangsung Meriah

Festival goyang karawang
Festival Goyang Karawang berlangsung meriah. Pertunjukan sinergitas TNI-Polri ini juga melibatkan puluhan pelaku UMKM dan PKL setempat.

KARAWANG – Gelaran Festival Goyang Karawang di Street Carnival, Galuh Mas Karawang pada Sabtu (25/2) malam berlangsung meriah.

Kegiatan hasil kolaborasi TNI-Polri ini dimaksudkan sebagai upaya peningkatan ekonomi dan budaya pasca Pandemi COVID-19.

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana mengungkapkan, selama 13 tahun lamanya ia menjabat sebagai Bupati, baru kali ini terlahir festival kolaborasi antara TNI-Polri bersama seniman, budayawan sekaligus pelaku UMKM.

“Ini harus diapresiasi oleh kita semua,” kata Cellica.

Baca juga: Asyik! Lewat Program Kopi Luwang, Pelaku UMKM Karawang Dapat Pinjaman Modal

Menurutnya, TNI dan Polri sudah membuktikan bahwa melalui seni dan budaya, seluruh elemen pemerintah harus kompak dan bersatu untuk pembangunan Kabupaten Karawang.

“Artinya apa, budaya adalah harga diri kita, jati diri kita dan benteng pertahanan kita. Kapolres dan Dandim membuktikan itu semua, bahwa melalui seni dan budaya kita harus lebih kompak dan bersatu untuk pembangunan kabupaten Karawang,” paparnya.

Kapolres Karawang, AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengatakan, Festival Goyang Karawang adalah wujud sinergitas TNI-Polri untuk masyarakat Karawang.

Kegiatan tersebut juga melibatkan 44 pelaku UMKM dan 60 PKL binaan Disperindag Karawang. Harapannya agar perputaran ekonomi di lokasi acara dapat berjalan maksimal dan dirasakan manfaatnya oleh mereka.

“Ini pesta rakyat, jadi kita berharap semaksimalnya masyarakat dapat hadir dilokasi ini dan kemudian termasuk juga untuk PKL dan UMKM yang sudah ada dilokasi nanti dapat terjual dan kemudian bisa meningkatkan kesejahteraan,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Dandim 0604 Letkol Kav Makhdum Habiburahman. Ia mengatakan sinergitas TNI-Polri tidak usah diragukan lagi dalam memberikan keamanan dan pertahanan nasional.

Baca juga: Cerita Unik Damkar Karawang Layani Warga: Bujuk Anjing Merajuk hingga Usir Hantu di Toilet

“Dan dengan sinergisitas TNI-Polri, kita ikut mendukung ekonomi yang ada di Karawang. Dimana dampak pandemi yang lalu sangat berpengaruh, sehingga melalui kegiatan ini maka dapat meningkatkan perekonomian Karawang. TNI-Polri melalui Budaya adalah yang mampu membentengi indonesia,” ujarnya.

Untuk diketahui, Festival Goyang Karawang dihadiri Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana didampingi Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono dan Dandim 0604 Karawang Letkol Kav Makhdum Habiburahman, dengan dihadiri Forkopimda Kabupaten Karawang serta tokoh budaya Kabupaten Karawang.

Pelaksanaan malam bertabur kesenian tersebut diisi dengan dengan penampilan para seniman Karawang, serta aksi budaya sebagai bentuk sinersigitas TNI- Polri yang dibawakan oleh anggota Polri dan TNI dalam sebuah tarian seni khas Karawang.

Kegiatan Festival Goyang Karawang menghadirkan bintang tamu Kang Sule juga Miss Dakem. Sementara Host dipandu oleh Bemby dan Zora.

Ada sejumlah kegiatan dalam acara tersebut, di antaranya Kolosal Sejarah Goyang Karawang, Pagelaran Seni Budaya, Parade Music Band. (*)