Beranda Regional BKP Karawang Rilis Toko Tani Indonesia Berbasis Online

BKP Karawang Rilis Toko Tani Indonesia Berbasis Online

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Untuk memerangi gejolak harga yang merugikan para petani, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Karawang akan merilis Toko Tani Indonesia berbasis online.

Dimana, Sistem ini dilahirkan untuk mempermudah akses berjaringan antara petani, masyarakat, lembaga keuangan dan sistem transportasi. Sehingga Toko Tani Indonesia (TTI) bisa lebih maksimal meningkatkan pelayanannya pada masyarakat yang lebih luas.

Kepala BKP Kabupaten Karawang Kadarisman kepada Koran Berita menjelaskan TTI Karawang akan bergerak menghimpum semua barang- barang hasil produksi para petani dan menjualnya jauh lebih murah melalui sistem online ini.

“Kenapa lebih murah karena petani sendiri yang menjual sehingga murah, tanpa harus melalui banyak pihak atau tangan ke tangan sehingga harga pun akan jauh lebih stabil,”ulasnya.

TTI berbasis internet ini, lanjutnya menjelaskan, juga membantu petani mendapatkan harga yang baik untuk menjual produk pertaniannya sekaligus mampu memberikan harga yang jauh lebih murah bagi masyarakat konsumen dengan cara memotong rantai distribusi.

TTI adalah solusi yang membuat produk pertanian menjadi jauh lebih cepat bertemu dengan konsumen karena para tengkulak yang selama ini memainkan harga, tidak berkutik lagi dengan sistem ini.

“Saat ini, kami memiliki 3 orang ahli ITE yang akan membantu kami memantapkan sistem ini, mereka juga akan mensetting brandingnya penampilannya dan semua hal- hal yang dibutuhkan dan barang – barang apa saja yang akan di jual melalui online,”ungkap Kadarisaman.

Disampaikannya, Dengan merek dagang Bakul Kita online diharapkan aplikasi ini sangat bermanfaat untuk memantau ketersediaan informasi stok dari sisi Gabungan Kelompok Tani dan TTI.

“Manfaat lain aplikasi ini adalah bisa memberikan informasi mengenai kepastian dan monitoring proses pengiriman, jaminan keberlanjutan, meminimalisasi biaya distribusi, memberi kepastian harga dan stok yang dapat dibeli masyarakat,” katanya.

Ia juga mengungkapkan, BKP Kabupaten Karawang pun telah bekerja sama dengan 7 kelompok tani dan nelayan dengan melakukan penjualan beras dan ikan melalui sistem online bernama e- commerce. Dan ini sangat menguntungkan bagi para penjual.

“Kita sudah mulai di ikan dari Cilamaya, Kemudian beras dan minat masyarakat pun sudah lumayan banyak. Bahkan untuk ikan segar Cilamaya ini sudah memiliki pelanggan online dari Jepang,”paparnya.

Kadarisman berharap kedepannya dengan sistem Bakul Kita Online ini dapat lebih mempermudah masyarakat dalam membeli keperluan rumah tangga mereka sehari- hari.

Dimana, masyarakat tidak perlu lagi direpotkan berdesak- desakan ke pasar karena semua kebutuhan bahan pokok dari mulai beras , ikan, minyak, bawang merah, bawang putih, daging ayam, daging sapi dan barang lainnya hanya melalui satu klik saja melalui Bakul Kita Online dan langsung diantar ke tempat dengan harga jauh lebih murah dan ongkos kirim yang terjangkau.

“Saat ini masih sedang proses, Insya Allah tahun 2019 sudah bisa dinikmati oleh masyarakat,”pungkasnya.(nna/ris)