Beranda Regional BKPSDM Karawang: Konsep Tambal Sulam, Digelar Maret

BKPSDM Karawang: Konsep Tambal Sulam, Digelar Maret

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Siap-siap pejabat di lingkungan Pemkab Karawang. Pasalnya, dalam waktu dekat mau digelar rotasi dan mutasi lagi. Setelah sebelumnya di bulan Februari 2018.

Mutasi jabatan sebagai upaya penerapan sistem kosong isi oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang, untuk menghindari penumpukan kekosongan jabatan seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Mutasi ini adalah penerapan sistem konsep isi atau tambal sulam yang memang sejak dulu sudah diterapkan. Hanya saja karena sempat tertunda selama satahun, sehingga tahun 2017 yang lalu proses mutasi rotasi dan promosi pejabat Kabupaten Karawang begitu banyak,”ujar Jajang Junaedin Kepala Bidang Mutasi BKPSDM Kabupaten Karawang kepada Koran Berita(Grup Tvberita.co.id), Kamis (8/3).

Menurut Jajang, sistem tambal sulam ini jauh lebih efisien dan efektif. Dikarenakan Badan Pertimbangan Kepangkatan dan Jabatan (Baperjakat) dapat melakukan evaluasi jabatan para ASN tersebut jauh lebih baik lagi.

Sebelumnya, pada bulan Februari lalu pemerintah telah melantik sekitar 400an lebih ASN. Namun mulai bulan Maret ini mutasi dan rotasi ASN akan dilakukan dalam agenda persatu bulan sekali atau sesuai kebutuhan.

“Proses pemantauan untuk evaluasi masih terus berlanjut dan dilaksanakan. Sehingga untuk eksekusinya menunggu waktu pemantauan dipandang sudah cukup,”jelasnya.

Tujuannya dari sistem mutasi kosong isi ini lanjut Jajang, untuk mendapatkan kinerja ASN secara maksimal. Sesuai dengan program dari Kementerian PAN-RB. Ingin melahirkan ASN berkualitas.

“Makanya lumrah mutasi ini dilaksanakan. Sebab penilaian kinerja pegawai itu selalu dilaksanakan. Jika memang dipandang sudah tak cocok pada satu jabatan, atau yang bersangkutan sudah lebih layak di jabatan yang lebih tinggi tentunya akan kita rolling tanpa menunda lagi,”imbuhnya.

Terakhir, Jajang menyebutkan, saat ini baperjakat sedang mempersiapkan pengisian kekosongan 4 jabatan esselon IV yang pada bulan Maret. Karena ada sekitar 4 orang pejabat esselon IV yang sudah memasuki masa pensiun.(nin/ds)