Beranda Karawang BNI Karawang Gelar Akad KPR Massal

BNI Karawang Gelar Akad KPR Massal

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Bank Negara Indonesia (BNI) Cabang Karawang menggelar akad KPR massal di Brits Hotel Karawang, acara ini juga dilaksanakan secara serentak di Indonesia untuk mendorong program sejuta rumah yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat.

Karawang yang saat ini didaulat sebagai kota Industri terbesar di Asia Tenggara, seketika menjadi magnet bagi masyarakat urban. Masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia berbondong-bondong datang untuk bekerja di Karawang, tercatat hampir ada 1300 indsutri yang berdiri di Kota Pangkal Perjuangan ini.

Selain banyaknya pabrik, kedatangan masyarakat urban didorong oleh UMK yang sangat tinggi. Tercatat UMK karawang mampu melampaui UMK DKI Jakarta, bahkan UMK di ibukota negara-negara di Asia.

Banyaknya masyarakat urban di Karawang ini mengakibatkan kebutuhan akan tempat tinggal semakin meningkat. Kebutuhan akan tempat tinggal ini merupakan kebutuhan primer setiap orang yang harus terpenuhi.

Namun, pendapatan tiap orang tentu berbeda-beda, bagi mereka yang berpenghasilan di atas rata-rata membeli rumah adalah hal yang mudah, namun bagaimana dengan masyarakat yang berpenghasilan rendah tapi menginginkan rumah? Nah, jangan khawatir karena Pemerintah Pusat mencanangkan program sejuta rumah melalui Kementrian PUPR RI.

Solusi yang ditawarkan adalah dengan menyediakan rumah subsidi dengan harga dan cicilan terjangkau, yang merupakan kategori rumah dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP). Rumah bersubsidi ini ditawarkan dengan uang muka yang murah, bunga yang rendah, dan tenor cicilan yang lebih panjang.

Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) turut berkontribusi dalam program tersebut. Tahun ini, BNI mendapatkan kuota penyaluran sebesar 12.000 unit rumah subsidi FLPP.

Untuk mempercepat penyaluran rumah subsidi melalui KPR Sejahtera BNI FLPP, BNI kembali melaksanakan Akad Kredit Massal sebanyak 2.046 unit yang dipusatkan di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur pada hari Rabu, 26 Februari 2020. Sementara untuk BNI Karawang dilakukan akad kredit sebanyak 74 debitur.

Hadir pada acara tersebut jajaran dari Pemerintah Daerah, Perwakilan dari BNI Head of Region BNI Jakarta Kemayoran, Head of Consumer and Retail, dan dari Para Pengembang.

Head of Region BNI Jakarta Kemayoran, Dandy Perwandi mengatakan bahwa kuota penyaluran tersebut meningkat dari tahun ke tahun. Itu menunjukkan konsistensi BNI dalam mendukung program penyediaan satu juta rumah oleh pemerintah. Secara nominal, BNI telah menyalurkan KPR FLPP senilai Rp 914 miliar (dan menyentuh 7.214 unit rumah) pada tahun 2018 dan Rp 1,263 triliun (dan menyentuh 9.743 unit rumah) pada 2019.

“Kegiatan akad kredit massal ini bukan hanya di Karawang, namun dilaksanakan secara serentak di Indonesia, dan dipusatkan di Kota Ngawi,” kata Dandy

Dandy juga menjelaskan daerah-derah di Indonesia yang melaksanakan kegiatan tersebut secera rinci seperti di Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Pontianak, Medan, Banyuwangi, Serang, Bogor, Jakarta dan beberapa kota lainnya.

“Selain menggelar kegiatan akad kredit masal secara serentak ini, kami juga melangsungkan pembukaan rekening massal 2.046 tabungan BNI yang dilanjutkan dengan proses aktivasi 2.046 M-Banking untuk menunjang nasabah dalam melakukan transaksi e-Channel (Mobile Banking, Internet Banking, SMS Banking) di BNI sebagai pelaksanaan Gerakan Ayo Menabung yang digelorakan oleh pemerintah untuk segenap masyarakat Indonesia,” ujarnya.

“Untuk pembukaan rekening BNI menggunakan BNI SONIC (self-service opening account) hanya cukup 3 menit saja, dan untuk mengedukasi serta meningkatkan awareness masyarakat mengenai pentingnya proteksi diri, BNI juga bersinergi dengan perusahaan anak yaitu BNI Life untuk melakukan pembukaan massal sebanyak 2.046 asuransi personal accident,” tambahnya.

Lebih lanjut, pada kegiatan tersebut BNI juga mengenalkan berbagai kemudahan bagi nasabahnya melalui pelayanan berbasis digital, di antaranya dengan pengajuan kredit perumahan melalui apliaksi online (BNI E-Form) yang dapat diakses melalui website resmi BNI www.bni.co.id ataupun melalui aplikasi BNI Mobile Banking.

Untuk membangun budaya cashless society di kalangan masyarakat, BNI juga mengenalkan produk dan layanannya yang berbasis digital, yaitu aplikasi Mobile Banking serta kartu BNI Tap Cash. Produk dan layanan ini mampu menjawab atas kebutuhan masyarakat dalam melakukan transaksi sehari-hari seperti halnya pembayaran tagihan bulanan, pembelian pulsa, transfer rekening, sampai dengan membayar parkir.

Hal ini pun diakui oleh nasabah setia BNI, Suryadi (27). “Banyak kemudahan yang diberikan BNI, sebagai nasabah saya sangat terbantu dengan fitur yang diberikan BNI.Proses kreditnya juga cepat dan tidak ribet ditambah lagi bunganya sangat terjangkau, terimaksih BNI dan mudah-mudahan sukses terus untuk BNI,” pungkasnya.  (die/kie)

Artikel sebelumnyaPemkot Bekasi Serius Berlakukan Kebijakan Zero Plastic
Artikel selanjutnyaDaya Tahan Manggis Purwakarta Menjadi Pembeda dengan Manggis dari Daerah Lain