Beranda Regional BPK Temukan Mobdin di Setda Karawang Nunggak Pajak Hingga Ratusan Juta

BPK Temukan Mobdin di Setda Karawang Nunggak Pajak Hingga Ratusan Juta

KARAWANG,  TVBERITA.CO.ID – Terbongkar, sejumlah Kendaraan Dinas milik Sekretariat Daerah Kabupaten Karawang belum dibayarkan pajaknya.

Haltersebut diketahui, Berdasarkan keterangan LHP BPK RI atas LKPD Kabupaten Karawang.

Dimana BPK menemukan ada Kendaraan dinas atau pelat merah di Setda Kabupaten Karawang yang diduga menunggak pajak dengan nominal biaya perolehan mencapai sekitar ratusan juta rupiah. BPK pun mencatat kendaraan-kendaraan roda empat tersebut masih dalam kondisi baik.

Padahal diketahui bersama, setiap tahunnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang bisa dipastikan selalu menggelontorkan anggaran untuk biaya pemeliharaan rutin berkala kendaraan dinas/ operasionalnya.

Bahkan di tahun anggaran 2019 ini saja, Pemkab menganggarkan sekitar Rp. 2,3 Miliar untuk pemeliharaan rutin berkala kendaraan dinas dan Rp. 1 Miliar untuk pemeliharaan rutin berkala mobil jabatan, di Sekretariat Daerah (Setda).

Tvberita.co.id pun mencoba mengkonfirmasi Bagian Umum Setda, terkait tindak lanjut temuan BPK, atas kendaraan-kendaraan dinas yang diduga menunggak pajak tersebut, apakah sudah ditindaklanjuti (dibayarkan pajaknya) oleh bagian Setda atau belum.

Akan tetapi, Kepala Bagian Umum Setda Karawang, Yayat Hidayatuallah justru lebih memilih bungkam, daripada memberikan informasi kepada masyarakat.

Seyogyanya, Yayat dapat memberikan keterangan yang baik dan keterbukaan informasi kepada masyarakat, karena mobil-mobil tersebut adalah mobil yang dibeli dengan menggunakan uang rakyat. Dengan pembiayaan pembayaran pajaknya pun ditanggung negara dengan uang rakyat pula.

Terlebih lagi, Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri pun menegaskan dirinya akan melakukan teguran dan evaluasi. Agar si pengguna kendaraan ini mentaati semua aturannya dalam menggunakan kendaraan- kendaraan dinas milik Pemkab Karawang.(nna/dhi)