Beranda Ekonomi Bulog Karawang Kenalkan Produk Beras Asli Petani Lokal, Apa Itu?

Bulog Karawang Kenalkan Produk Beras Asli Petani Lokal, Apa Itu?

KARAWANG – Demi meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani, Bulog Karawang memperkenalkan produk teranyarnya, yaitu Tugu Padi.

Beras Tugu Padi diklaim merupakan beras asli hasil pertanian Karawang. Hal itu bertujuan untuk memperkenalkan keunggulan produk lokal Karawang ke luar daerah, agar bisa bersaing dengan produk beras lainya.

Satrio Anggoro selaku Wakil Kepala Perum Bulog Sub Drive Karawang, menjelaskan bahwa pembuatan produk Tugu Padi ini dilatarbelakangi oleh potensi Karawang yang sudah terkenal dengan berasnya.

“Melihat dari potensi Karawang yang sudah terkenal dengan berasnya dan Karawang kan sebagai penyangga stok nasional juga. Makanya Bulog punya inisiasi membuat produk beras asli Karawang, yang benar-benar bisa menjadi label ‘Beras Karawang’ hingga bisa lebih dikenal lebih luas”, jelas Satrio saat diwawancarai. Selasa, (3/8).

Satrio Anggoro, Wakil Pimpinan Perum Bulog Karawang saat memperkenalkan produk teranyar, Tugu Padi.

Lebih lanjut, Satrio memaparkan, Bulog terus berupaya membantu petani lewat penjualan produk Tugu Padi yang diharapkan bisa lebih dikenal luas ke luar daerah Karawang.

“Pertama, kami membantu Petani dalam hal penyerapan gabah hasil pertanian. Jadi kita pilih gabah-gabah terbaik untuk kita jadikan beras pilihan, utamanya sih kita menjual ke luar daerah Karawang agar bisa lebih dikenal. Karena kalo di Karawang sendiri memang sudah produsen,” paparnya.

Lanjut Satrio, produk beras berkualitas premium ini sudah diedar ke beberapa daerah, diantaranya; Bekasi, Kalimantan Barat dan Pontianak. Tugu Padi berencana dijajakan ke toko-toko modern agar bisa bersaing dengan produk beras lainnya.

Adapun keunggulannya, selain harganya yang terjangkau, produk ini memiliki kualitas gabah asli dari IR 64 Ciherang (gabah pilihan yang menghasilkan nasi pulen) dengan kemasan 5 kg yang praktis sehingga mudah dibawa kemana-mana.

“Harga Eceran Tertinggi (HET) beras komersil Rp.12.800 untuk wilayah Jawa, tetapi kita jual dengan harga di bawah itu,” sebutnya.

Ia menambahkan, bagi masyarakat yang penasaran mencicipi pulennya beras Tugu Padi, bisa, Bulog sudah menyiapkannya di situs-situs marketplace dan bisa Pre-Order (PO) langsung di Bulog Karawang dalam partai besar. (kie/tvb)

Artikel sebelumnyaPremi BPJS Kesehatan Perangkat Desa Belum Dibayar, Pasien Ditolak Berobat
Artikel selanjutnyaDituding Langgar Aturan, Akad Kredit BTN dan Kartika Residence Minta Dibatalkan