Beranda Regional Bupati Anne Kupas 5 Program Unggulan Purwakarta

Bupati Anne Kupas 5 Program Unggulan Purwakarta

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID- Bupati perempuan pertama kabupaten Purwakarta Anne Ratna Mustika menyampaikan pembahasan dan visi misi kinerja selama 5 tahun kedepan di depan ratusan perangkat daerah.

Dalam acara musyawarah rencana pembangunan daerah, RPJMD (Anne Ratna Mustika) ini dilaksanakan di Bale Yudhistira pada rabu (26/12/2018). Dalam sambutannya, bupati perempuan yang biasa disapa oleh masyarakat Ambu ini menuturkan. Untuk mencapai berbagai indeks didalam kinerjanya selama 5 tahun kedepan, ambu menegaskan bahwa hal ini perlu dorongan dari berbagai pihak.

“Dimulai dari fokus kesejahteraan masyarakat dan penuntasan kemiskinan, serta pelayanan masyarakat merupakan PR besar dalam 5 tahun kedepan,” ujar Anne. Anne pun menambahkan bahwa dalam kepemerintahan dirinya nanti, akan membawa 5 issue sentral yang akan menjadi fokus kedepan.

Dimulai dari meningkatnya kualitas pendidikan di kabupaten purwakarta, dengan pendidikan berkarakter serta pendalaman kitab agama masing-masing yang dilaksanakan di setiap sekolah. Anne berharap agar para pelajar Purwakarta terdepan dalam prestasi serta tak lupa akan agama dan tradisi. Lalu, setelah meningkatnya kualitas pendidikan, harus disertai dengan meningkatnya pola kesehatan para murid dan masyarakatnya.

Pada saat ini dibawah komando Ambu, pemerintah sedang fokus dalam penanganan masalah stunting yang terjadi dikabupaten Purwakarta, pelayanan rumah sakit, dan juga PMT (Pemberian Makanan Tambahan) agar gizi setiap ibu hamil terpenuhi, dan juga hal ini berguna mengatasi masalah stunting dimulai dari dalam masa kandungan.

“Dan juga kepada para Stakeholder terkait juga OPD yang hadir untuk terus meningkatkan kinerja dan berinovasi dalam melayani masyarakat,” kata Ambu. Hal ini kita harus selalu berjalan berdampingan dengan solid guna meningkatnya tata kelola kepemerintahan yang baik bersih dan profesional.

Dalam 10 tahun tekahir kepimpinan bupati sebelumnya sudah melakukan banyak sekali perubahan pada kabupaten Purwakarta. Ambu pun mengatakan bahwa dalam rangka mewujudkan Purwakarta istimewa selama 5 tahun kedepan adalah, dengan adanya peningkatam dibidang infrastruktur terutama di daerah yang belum tercapai pembangunannya.

Di bidang pariwisata, Ambu menginginkan adanya pengembangan pariwisata berkelanjutan kedepannya.”Nanti pada tahun 2019 nanti, kita akan mempunyai pariwisata baru yakni Tajug Gede Cilodong. Tempat ini nantinya akan menjadi pusat wisata edukasi dan halal selain masjid Baing Yusuf,” ungkap mantan mojang tahun 1999 tersebut.

Untuk pengembangan ekonomi, Ambu mengutarakan akan adanya pengembangan usaha berbasis desa. Dirinya berfokus kepada jaringan ekonomi mikro kemasyarakatan, melalui UMKM di setiap desa.

“Ya untuk kedepannya, pembinaan masyarakat melalui Galeri Ambu yang bergerak dibidang UMKM di setiap desa. Akan terus mendorong masyarakat desa melalui berbagai inovasi dam kreasi dan juga membantu pejualannya melalui Galeri Menong,” pungkasnya.(kb)