Beranda Regional Bupati Karawang Bingung Dukung Siapa di Pilpres 2019

Bupati Karawang Bingung Dukung Siapa di Pilpres 2019

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Jabar Dedi Mulyadi mengklaim 22 kepala daerah di Jawa Barat siap memenangkan Jokowi-Ma’ruf. Kini ia tengah membidik Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana agar berada di kubu yang sama.

“Ada 22 kepala daerah di Jabar yang menyatakan dukungan untuk Pak Jokowi dan KH Ma’ruf Amin di Pilpres nanti. Dukungan ini secara pribadi, bukan secara kelembagaan sebagai bupati atau wali kota atau wakil,” kata Dedi di Kantor DPD Partai Golkar Jabar, Kota Bandung, Jumat (21/9/2018).

Untuk menambah dukungan, Dedi mengaku akan mengajak Bupati Cellica yang notabene kader Demokrat mendukung Jokowi-Ma’ruf.
“Saat dirinya mencalonkan diri sebagai Bupati Karawang, saya mendukung Cellica secara personal dan akhirnya menang. Wajar kalau saya ajak dia lagi secara personal,” kata dia.

Selain Cellica, lanjut dia, banyak kader Partai Demokrat yang kemungkinan besar akan dia ajak untuk ikut bergabung mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Dia juga mengaku cukup mengenal banyak kader Partai Demokrat yang berpotensi bisa membantu memengnkan pasangan ini.

“Insya Allah digerilya secara personal. Teman saya di Karawang banyak di Demokrat,” ucapnya.

Namun keinginan Dedi Mulyadi untuk mengajak Cellica bergabung harus dikubur dalam-dalam. Pasalnya, tidak memberikan sikap yang jelas terkait dukungan di Pilpres. Cellica mengatakan, dirinya tidak mau mencapur adukan antara politik praktis dan pemerintahan.

Namun, ketika ditanya apakah di antara para kepala daerah yang sudah terang-terangan memilih dukungan di Pilpres 2019 itu lebih mengedepankan kepentingan berpolitik, Cellica hanya terdiam. Bahkan menolak untuk diwawancarai lebih lanjut.

“Udah ah, jangan nanya yang begitu dong,” ujarnya usai menghadiri pelantikan anggota DPRD Karawang yang baru hasil pergantian antar waktu di ruang rapat paripurna, Senin siang (22/10/2018).

Namun sebelumnya, Cellica sempat mengatakan, secara pemerintahan ia kini menjadi anak buah Presiden Joko Widodo. Walau belum sampai menjelaskan bahwa secara politik dia menjadi bagian dari Partai Demokrat di bawah kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono. Di mana dalam Pilpres 2019, parpolnya tersebut memberikan dukungan politik kepada pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Saya ini memiliki tugas (sebagai bupati) untuk mengemban amanah masyarakat Karawang,”katanya.(kb)