Beranda Regional Bupati Karawang Terima Tim Verifikasi Akhir Penilaian P2WKSS Tingkat Jabar

Bupati Karawang Terima Tim Verifikasi Akhir Penilaian P2WKSS Tingkat Jabar

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Abdul Azis beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Karawang, Hj. Ida Zamakhsyari, menerima kedatangan Tim Verifikasi akhir Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera P2WKSS yang bertempat di Kelurahan Mekarjati, Kecamatan Karawang Barat, Senin (11/11/19).

Tujuan umum program terpadu P2WKSS itu sendiri adalah mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat, sejahtera serta meningkatkan kedudukan, peran, kemampuan, ketahanan mental dan spiritual kaum perempuan melalui kegiatan lintas sektoral bidang pembangunan pemberdayaan masyarakat pedesaan. Sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan kualitas perempuan dalam pengembangan potensinya, membina tumbuh kembang anak dan remaja, serta menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Keberhasilan program P2WKSS di Kelurahan Mekarjati, Kecamatan Karawang Barat secara nyata dapat dirasakan oleh masyarakat di kelurahan tersebut dengan meningkatnya pembangunan infrastruktur yang diarahkan kepada rumah tidak layak huni (RUTILAHU), MCK umum, jalan desa, lingkungan, sarana air bersih serta pembinaan hukum, keagamaan dan lain sebagainya.

Menurut Bupati Dalam arahannya, Verifikasi P2WKSS ini adalah momen yang tepat untuk meningkatkan motivasi masyarakat setiap peserta untuk lebih meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mewujudkan cita-cita mulia yaitu, mewujudkan keluarga berkualitas, sehat sejahtera baik lahir maupun batin, dan upaya untuk mewujudkan ketahanan keluarga sehingga, keluarga bisa menjadi anggota keluarga dengan lebih baik.

Ditambahkannya, program terpadu P2WKSS merupakan program prioritas yang kami sandingkan dengan Sekoper Cinta (Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita) dan Ngabaso (ngabring bareng kasakola) yang diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam mengurangi kendala yang ada, sehingga setiap tahun kami menetapkan lokasi P2WKSS berdasarkan kepada desa/kelurahan yang prioritas dan merupakan desa/kelurahan model program pemberdayaan perempuan dengan harapan program ini berkelanjutan serta dapat ditiru oleh desa/kelurahan lainnya di Kabupaten Karawang.

Program P2WKSS di Kelurahan mekarjati khususnya di RW binaan telah berjalan sesuai rencana walaupun kami menyadari bahwa masih terdapat adanya kekurangan. Hal ini terbukti adanya beberapa perubahan yang signifikan baik fisik maupun perilaku masyarakatnya bila dibandingkan dengan kondisi awal pelaksanaan program. Kondisi ini semakin menyakinkan kepada kami bahwa masyarakat RW binaan di Kelurahan Mekarjati memiliki kemauan untuk berubah dan melalui momentum evaluasi ini membuktikan bahwa Mekarjati tidak kalah dari desa/kelurahan lain di Jawa Barat dan berpeluang untuk mendapatkan predikat terbaik. (hms/kb)