Beranda Regional Cegah Stunting, IP2KKB Karawang Terjun Langsung Edukasi Masyarakat

Cegah Stunting, IP2KKB Karawang Terjun Langsung Edukasi Masyarakat

Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2021 diharapakan menjadi titik bangkit dalam menekan kasus Stunting di Kabupaten Karawang.

Untuk itu, IP2KKB didampingi Satpel KB Cilamaya Wetan gelar sosialisasi terkait tata cara pencegahan stunting pada masyarakat Dusun Tangkolak, Desa Sukakerta, Selasa (29/6).

Di Kabupaten Karawang, menurut Ketua IP2KKB, Gugun Gunawan, selain Pandemi Covid-19, keluarga dihadapkan juga dengan permasalahan stunting pada anak.

Lebih lanjut, Gugun menjelaskan stunting merupakan kondisi fisik yang menampakkan permasalahan pada pertumbuhan fisik seseorang.

“Selain bentuk tumbuh anak yang pendek, perkembangan otak anak juga tidak berkembang efektif dan cenderung menurun 30 persen dibawah anak-anak normal, tentu ini berpengaruh terhadap imunitas anak” jelasnya.

Oleh karena itu, upaya pencegahan stunting, dikatakan Gugun Gunawan, bisa dilakukan mulai dari lingkungan keluarga. Karena keluarga kunci dari tumbuh kembang anak.

“Pencegahan stanting bisa dilakukan dengan mulai menjaga pola makan dengan asupan yang bergizi, selalu terapkan pola hidup sehat dan bersih, imunisasi rutin, pola asuh yang baik dan lain-lain pada setiap keluarga” paparnya.

Atas kedatangan dari IP2KKB, Satpel KB Cilamaya Wetan merasa terbantu dalam melakukan penanganan untuk menekan stanting di Kabupaten Karawang.

“Saya apresiasi atas kedatangan pihak IP2KKB ke desa kami, semoga edukasi yang diberikan kepada masyarakat bisa bermanfaat, dan mudah-mudahan masyarakat bisa memahami tatacara pencegahan stanting terhadap anak,” kata Dedi Satpel KB Cilamaya Wetan. (kie)

Artikel sebelumnyaTidak Lapor Kasus Covid-19, Satgas Karawang Tegur Keras Perusahaan 
Artikel selanjutnyaWalkot Bekasi Instruksikan Dishub Kosongkan Parkiran RSUD untuk Disterilisasi