Beranda Karawang Cegah Stunting Lewat Padi Inpari IR Nutri Zinc

Cegah Stunting Lewat Padi Inpari IR Nutri Zinc

KARAWANG – Kandungan varietas padi Inpari IR Nutri Zinc disebut-sebut bermanfaat membantu ibu hamil maupun tumbuh kembang anak dalam mengatasi stunting. Berangkat dari hal itu, Dinas Pertanian Kabupaten Karawang mengembangkan 70 hektare jenis padi IR Nutrizinc agar menjadi beras konsumsi utama masyarakat Karawang.

Dijelaskan Kepala Bidang Tanam dan Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Edi Suryana, varietas padi Inpari IR Nutri Zinc memiliki kadar zinc yang tinggi. Sehingga sangaat penting bagi ibu hamil dalam perkembangan janin untuk mencegah stunting pada anak.

“Varietas (IR Nutri Zinc) ini memiliki kadar amilosa 16,6 persen dan potensi kandungan Zn 34,51 ppm. Jadi secara kualitas, jenis padi ini berbeda kelas dengan varietas padi yang lainnya,” paparnya.

Selain itu, kata Edi, Varietas ini tahan hama. Umur tanaman padi 115 hari dengan potensi produktivitanya rata-rata capai 6,21 ton per hektare. ‚ÄúVarietas ini mudah ditanam dan tekstur nasinya juga pulen,” sambungnya.

Ia menyebut, pengembangan benih padi Inpari Nutri Zinc di Karawang seluas 70 hektare dengan sebaran di tiga kecamatan. Hal itu berdasarkan wilayah yang angka stuntingnya cukup tinggi. “Ada di Cilamaya Wetan, Klari dan Telukjambe Timur,” sebut dia.

“Termasuk juga kita kerjasamakan dengan Lapas Kelas 2A karawang untuk pembinaan budidaya padi kepada warga lapas sebanyak 1,7 hektare. Jadi total keseluruhan 70 hektare,” ulasnya.

Edi menargetkan, di tahun depan, benih untuk pengembangan Nutri Zinc ini bisa mencapai ratusan hektare di Karawang. Hal itu karena potensi kebutuhan Nutri Zinc diprediksi bakal meningkat, sebab kandungannya yang kaya manfaat, utamanya untuk pencegahan stunting.

Selain itu, pihaknya juga sudah melakukan penjajakan kerjasama dengan Dinas Kesehatan maupun Dinas Sosial melalui program-program yang sudah berjalan.

“Semisal dalam program penyuluhan stunting dari Dinkes nantinya diprioritaskan agar mengkonsumsi beras Nutri Zinc ini. Sedangkan dengan Dinsos, salah satu contohnya melalui distribusi BPNT. Nah, nanti yang kita siapkan beras Nutri Zinc ini,” jelas Edi.

“Mudah-mudahan tahun depan terealisasi dengan baik, sehingga masyarakat Karawang, utamanya para ibu hamil bisa merasakan manfaatnya, karena adanya padi Inpari IR Nutri Zinc ini bagian dari upaya pemerintah mengatasi masalah stunting,” harapnya.

Artikel sebelumnyaNunggak, Premi BPJS Kesehatan Diduga Tak Dibayar Pemkab Purwakarta
Artikel selanjutnyaVaksinasi Keluarga di Karawang: Ini Syarat dan Cara Daftarnya