Beranda Karawang Cerita Sukses Padus SMAN 1 Karawang Raih Juara Nasional di Universitas Indonesia

Cerita Sukses Padus SMAN 1 Karawang Raih Juara Nasional di Universitas Indonesia

Padus SMAN 1 Karawang
Padus Navoska SMAN 1 Karawang.

KARAWANG – Paduan Suara (Padus) Nada Vokalia Smansaka (Navoska) SMAN 1 Karawang, berhasil raih juara 1 medali silver tingkat nasional di Universitas Indonesia.

Alifia Davina Firmansyah, Ketua ekskul Padus Navoska SMA Negeri 1 Karawang menyebutkan, dengan persiapan 4 bulan saja, baru-baru ini timnya berhasil meraih silver medal dalam perlombaan yang diselenggarakan Universitas Indonesia (UI).

“Persiapan 4 bulan, kita bawain 2 lagu. Puji syukur dapat prestasi juara 1 medali silver tingkat nasional di UI,” ujarnya kepada tvberita.co.id saat diwawancarai pada Kamis (13/4).

Dalam lomba tersebut, ia dan timnya membawakan lagu Janger dari daerah Bali dan Apuse sebagai lagu wajib yang ditentukan oleh penyelenggara lomba. Alifia memaparkan, timnya memiliki beberapa alasan dan pertimbangan mengapa memilih lagu daerah Bali.

Baca juga: Melihat Kegigihan Tim Angklung SMAN 1 Karawang Meraih Prestasi

“Pertama kita pilih lagu Janger Bali dan Apuse lagu wajib dari UI. Pilih lagu Janger karena dari awal kita sudah mempelajari lagu tersebut, anak-anak pun ingin bisa membawakan lagu itu di lomba tingkat nasional,” paparnya.

Ia mengaku, membawakan lagu Janger Bali ada kemudahan dan kesulitannya tersendiri. Lagunya mudah dibawakan, kadarnya tidak terlalu sulit. Namun, tingkat kesulitannya terdapat pada pembawaan ekspresi.

“Janger itu lagi rohani untuk pendoaan, jadi kita membawakannya harus mendalami dan juga ekspresif. Tapi untuk tingkat kesusahan suara, kadarnya normal dan tidak terlalu sulit,” tuturnya.

Dalam pengambilan aransemen, Paduan Suara Navoska biasa mengambil dan mengadopsi dari aransemen ternama. Mereka juga melakukan pembayaran untuk lagu partitur agar menghindari copyright.