Beranda Bekasi Pemkab Bekasi Gelar Sosialisasi Pengadaan Melalui E-Katalog

Pemkab Bekasi Gelar Sosialisasi Pengadaan Melalui E-Katalog

CIKARANG PUSAT, TVBERITA.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (BLPBJ) melakukan sosialisasi e-katalog versi 5.0 pada Kamis (10/10). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan (ASDA II) Entah Ismanto, di Gedung Wibawa Mukti, Cikarang Pusat.

Mengacu pada Peraturan Presiden nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah, sosialisasi E-Katalog bertujuan agar seluruh SKPD di Kabupaten Bekasi dapat memahami tata cara pelaksanaan pengadaan barang dengan metode E-Katalog yang efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, dan akuntabel.

Katalog Elektronik atau E-Katalog merupakan sistem informasi elektronik

yang memuat daftar, jenis, spesifikasi teknis dan harga barang atau jasa tertentu dari berbagai penyedia barang atau jasa pemerintah.

Dalam sambutannya, Entah mengatakan kegiatan ini memiliki peran yang penting khususnya dalam peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian nasional maupun daerah.

“Ya kita sebagai pelaku pengadaan baik sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PKK) atau Pejabat Pengadaan harus selalu dituntut untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan dibidang pengadaan barang atau jasa pemerintah.” Jelas Entah.

Tidak hanya itu, perubahan paradigma dan perilaku pelaku pengadaan pun harus dirubah dan disesuaikan seiring dengan perubahan proses pengadaan yang dulunya secara manual menjadi berbasis Teknologi Informasi yang serba elektronik.

Entah juga berharap seluruh perwakilan SKPD yang hadir dalam kegiatan ini dapat berperan aktif terhadap materi-materi yang disampaikan para narasumber dan aktif berkonsultasi terhadap hal-hal yang perlu ditanyakan terkait e-katalog versi 5.0 ini.

Setelah resmi dibuka, kegiatan sosialisasi e-katalog 5.0 ini dilanjutkan dengan pemberian materi-materi dari para narasumber yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab serta pembagian doorprize. (hms/kb)

Komentar Facebook