Beranda Regional Cuaca Buruk Nelayan Jangari Tak Melaut

Cuaca Buruk Nelayan Jangari Tak Melaut

CIANJUR, TVBERITA.CO.ID- Sejumlah nelayan di Desa Bobojong, Kecamatan Mande mengurangi aktifitas menangkap ikan di perairan Jangari. Kondisi itu disebabkan cuaca buruk yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir.

Akibatnya, sejumlah warga nelayan terpaksa beralih sementara menjadi petani ataupun buruh serabutan. Jajang, salah seorang nelayan, mengatakan, cuaca buruk akibat musim pancaroba membuat sejumlah nelayan mengurangi kegiatan menangkap ikan.

Melihat kondisi cuaca buruk yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir, para nelayan khawatir dengan keselamatan mereka jika memaksakan untuk menangkap ikan.

“Sudah hampir dua pekan ini. Akibat cuaca buruk, kami khawatir kalau dipaksakan untuk menangkap ikan di perairan Jangari, akan terjadi hal yang tak diinginkan,” kata Jajang, kepada wartawan, Rabu (31/1/2018).

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, jelas Jajang, para nelayan untuk sementara beralih mata pencaharian. “Hanya sementara, meski hasilnya tidak seberapa, tapi lumayan untuk makan,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Mande, AKP Ahmad Suprijatna, menuturkan, untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tak diinginkan, pihaknya mengimbau para nelayan untuk mewaspadai cuaca ekstrim yang terjadi saat ini.

“Kondisi cuaca saat ini sulit diprediksi, terkadang cerah terkadang buruk yang disertai dengan angin kencang. Kami minta nelayan waspada saat melakukan aktifitas di perairan,” kata Ahmad.

Dia mengungkapkan, kondisi hujan dengan disertai angin kencang yang terjadi di perairan sangat berpotensi menenggelamkan perahu nelayan.

”Tidak hanya para nelayan dan pemilik perahu. Bagi para pemilik jaring apung juga kami ingatkan agar mewaspadai cuaca. Kami menyarankan untuk tidak beraktifitas saat cuaca mendung disertai angin kencang,” ungkapnya. (*)