Beranda Regional Cuaca Ekstrem, Masyarakat Karawang Diminta Hati-hati

Cuaca Ekstrem, Masyarakat Karawang Diminta Hati-hati

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Masyarakat Karawang diminta waspada menghadapi cuaca ekstrim belakangan ini, mengingat musim hujan disertai angin yang cukup kencang telah menyebabkan beberapa musibah, diantaranya pohon tumbang, angin puting beliung dan kapal nelayan yang terbalik akibat diterpa ombak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Banuara Nadeak mengatakan, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pada tanggal 26-30 November 2017 terjadi cuaca ekstrim. Meskipun kondisi tersebut secara berangsur-angsur turun.

“Hujan disertai angin kencang masih akan terus terjadi, untuk itu masyarakat harus berhati-hati dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari,” ujarnya.

Masyarakat juga diminta memperhatikan kebersihan lingkungan, seperti saluran drainase untuk mencegah terjadinya banjir akibat aliran air yang tersumbat. BPBD terus melakukan pemantauan dan menyiagakan satgas penanganan bencata, untuk membantu masyarakat apabila terjadi musibah banjir dan sebagainnya.

Sementara itu, hujan deras dan angin kencang juga sempat merubuhkan sebuah pohon besar di Jalan Banten, Karangpawitan, pada Kamis (30/11) lalu. Pohon yang tumbang tersebut menimpa satu unit mobil yang tengah melaju milik Sekretariat DPRD Karawang. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Mobil jenis Hilux warna putih dengan plat nomor T-8770-F itu terjebak cukup lama, akibat tertimpa batang pohon. Selain dibantu beberapa warga, evakuasi juga melibatkan beberapa petugas dari Bidang Pertamanan, Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PRKP) Karawang untuk memotong batang pohon dengan gergaji mesin.

Selain itu, cuaca ekstrim juga mengakibatkan KM Mekarjati 03 yang berisi 11 orang terbalik sekitar pukul 16.00 WIB pada Kamis (30/11) lalu, setelah dihantam ombak di lambung kiri saat melintasi perairan Obor atau koordinat S 05°-59 – E 107°-36′ ketika hendak pulang usai menangkap ikan.

Akibat kejadian tersebut, 5 orang masih dalam pencarian petugas Polairud Polres Karawang dan tim SAR gabungan. Sementara 6 korban lainnya telah diserahkan pada pihak keluarga dalam kondisi selamat. (put/ds)