Beranda Regional Dandim Karawang Ingatkan Anggotanya Netral di Pilkades

Dandim Karawang Ingatkan Anggotanya Netral di Pilkades

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Komandan Kodim 0604 Karawang Letkol Inf.Endang Sumardi mengatakan, anggota TNI harus netral dalam pemilihan kepala desa. Ia menegaskan, TNI hanya berperan untuk mengamankan jalannya pemilihan berlangsung.

“Kami harus tetap netral dan tidak boleh memihak. Tugas kami adalah mengamankan jalannya pilkades, termasuk Pileg dan Pilpres agar berjalan dengan aman dan lancar,”tandasnya.

Diungkapkannya, tahapan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Karawang sedang berlangsung. Namun sejauh ini, Dandim mengaku belum menemukan personel aktif yang mencalonkan diri sebagai kades. “Untuk personel aktif tidak ada,”sebutnya.

Saat ini, tahapan Pilkades serentak di Kabupaten Karawang sedang dimulai dan akan dilaksanakan pada tanggal 11 November 2018. TNI di Kodim 0604 Karawang juga siap mengamankan jalannya proses pesta demokrasi tersebut.

Untuk mendukung dan mensukseskan pesta demokrasi tersebut, Babinsa telah diperintahkan untuk saling bahu membahu bersama Babinkamtibmas dan komponen masyarakat lainya untuk mewujudkan kemanan dan ketertiban didalam masyarakat.

“Para Babinsa dan Babinkamtibmas telah terbiasa dan sudah terbangun dengan baik bersinergi dalam mengamankan setiap kegiatan di wilayah binaanya,”katanya.

Ia juga meminta kepada Babinsa untuk besikap netral dan memahami serta mempedomani pelaksanaan pengamanan, sehingga nantinya bisa menjaga citra TNI AD, khususnya Kodim 0604/ Karawang.

“Kita telah menyiapkan 67 personel untuk mengamakan Pilkades. Jumlahnya sesuai jumlah desa yang ikut pemilihan serentak,”tuturnya.

Sejauh ini, Dandim mengaku demi berlangsungnya Pilkades yang aman dan damai, pihaknya cukup intens melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah serta kepolisian jelang pengamanan Pilkades serentak.

“Harapan saya pelaksanaan Pilkades 11 November mendatang akan berjalan dengan lancar dan kondusif. Begitupun dalam pelaksanaan kampanye diharapkan setiap calon desa dapat tetap menjaga kondusivitas di desanya masing-masing dengan tidak melakukan kampanye hitam,”pungkasnya.(nin/ds)