Beranda Regional Dandim Karawang: Jangan Asal Jeplak, Lihat Belakang Foto Ada Apa

Dandim Karawang: Jangan Asal Jeplak, Lihat Belakang Foto Ada Apa

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Viral di media sosial, ketika salah satu akun bernama Ferry Alexi Dharmawan pada pukul 10. 00 WIB (1/12/2018) kemarin mengupload beberapa foto kegiatan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang pada saat Penyerahan Bantuan Alat Mesin Pertanian Pra Panen Dan Pasca Panen dari Dirjen PSP & Dirjen TP Kementerian Pertanian RI kepada para Petani di wilayah Kabupaten Karawang yang bertempat di Jl.Baru Kelurahan Nagasari Kabupaten Karawang, beberapa waktu lalu.

Pasalnya, pada postingannya tersebut tampak Caleg DPR RI Partai Demokrat No. Urut I Vera Febyanthy turut hadir dalam kegiatan. Meski belum diketahui pasti apakah kehadiran Caleg itu dalam rangka kampanye atau hanya sebagai undangan saja.

Hanya saja dalam foto unggahannya itu, selain Caleg DPR RI Vera Febriyanthy nampak juga didalamnya foto Bupati Karawang Hj. Cellica Nurrachadianna, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Hanafi, juga Dandim 0604/Karawang Endang Sumardi dengan latar belakang sebuah traktor.

Diketahui, akun Ferry Alexi Dharmawan turut mengcaptionkan dukungannya kepada Caleg tersebut seraya menyertakan sebuah link berita online.

Postingan tersebut banyak dikomentari netizen baik pro maupun kontra. Bahkan tidak sedikit netizen yang men-tag Bawaslu Karawang agar foto-foto tersebut segera ditindaklanjuti.

Dandim 0604/Karawang Endang Sumardi sendiri ketika di konfirmasi terkait viralnya foto-foto kegiatan Muspida dengan Caleg DPR RI ini yang didalamnya ada juga foto dirinya mengaku terkejut dan tidak tahu menahu. Dandim juga menyesalkan kepada si pemilik akun yang menurutnya asal “jeplak” saja memasangkan foto dengan caption dukungan kepada salah satu caleg.

Dikatakan Dandim, dengan caption seperti itu bisa membuat para pembaca media sosial atau netizen salah pemahaman. Dikarenakan pada kesempatan tersebut pihaknya berfoto bersama pada kegiatan Muspida Kabupaten Karawang hanya sebatas foto
seremonial. Tanpa mengenal ataupun mengetahui jika ada seorang caleg yang turut hadir dalam kegiatan itu.

“Alexa ini asal jeplak saja, Lah liat aja belakang photo ada apa. Ini kan giat pemberian alat pertanian kepada masyarakat Karawang dari Kementan. Berarti alexa yang asal viralkan. Ini photo giat pemerintahan tidak ada kaitannya dengan
politik,” sesalnya.

Kepada Koran Berita Dandim menjelaskan bahwa TNI harus menjaga Netralitas selama Pemilu Pileg dan Pilpres 2019 mendatang. Dan, Netralitas TNI merupakan amanah dalam pelaksanaan reformasi internal TNI sesuai Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dan kepada seluruh jajaran TNI agar mempedomani netralitas sebagai penjabaran maupun pelaksanaan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit.(nna/ris)