Beranda Karawang Dari 297 Desa, Masih Tersisa 52 Desa di Karawang yang Belum Usulkan...

Dari 297 Desa, Masih Tersisa 52 Desa di Karawang yang Belum Usulkan Dana Desa TA 2020

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Sekitar 52 Desa dari 297 Desa di Kabupaten Karawang diketahui masih belum juga mengusulkan dana desa tahun anggaran 2020.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang, Agus Mulyana disela-sela kegiatan Sosialisasi Dana Desa di Hotel Mercure ,Senin (9/3).

Kepada awak media yang menemuinya, sekilas Agus mengulas bahwa kegiatan sosialisasi hari itu membahas kaitan pelaksanaan pendistribusian Dana Desa tahun Anggaran 2020.

Dimana didalamnya ada sebuah regulasi baru ,yakni, Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor : 205 tahun 2019 yang menegaskan bahwa mulai sejak tahun 2020 ini Pemerintah Pusat tidak ada lagi memberikan program luncuran dalam pencairan Dana Desa tersebut.

“Artinya apabila kemudian Dana Desa itu tidak terserap maka akan hangus,” kata Agus menjelaskan.

Agus mencontohkan, saat ini ada 8 Desa yang masih bisa mencairkan Dana Desa nya ditahun 2019 sampai bulan Juni 2020 mendatang. Karena belum berlakunya Permenkeu yang baru tersebut.

“Ada 8 desa tahun 2019 dan diharapkan memaksimalkan kegiatannya karena ia (8 Desa) masih mempunyai kesempatan untuk mencairkan Dana Desa tersebut sampai bulan Juni 2020,” ungkap Agus.

“Dan karena program luncuran ini sudah tidak lagi ada, maka kita berharap di tahun 2020 ini dapat berjalan sesuai dengan ajuannya masing -masing dan alokasinya juga sesuai tujuan masyarakat desa semua, dan untuk kesejahteraan masyarakat desa,” imbuhnya lagi penuh harap.

Lebih lanjut Agus menambahkan, agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan dalam penggunaan Dana Desa ini, Pihaknya sengaja mengundang alat penegak hukum (APH) yakni Kejaksaan dan Polres Karawang untuk memberikan gambaran dimana apabila dalam proses pelaksanannya Kepala Desa ini tidak melaksanakan tugas sebagaimana mestinya.

“Sasaran kegiatan ini adalah tertib pengelolaan keuangan desa, Penggunaannya diharapkan agar sesuai dengan regulasi yang berlaku. Agar tidak ada penyalahgunaan dana di kemudian hari,” tandasnya.

Terakhir Agus menyebutkan, jumlah dana desa tahun 2020 lebih besar dibandingkan tahun lalu yang hanya Rp341.088.318.000.

” dana desa tahun 2020 di anggarkan sebesar Rp. 346.104.755.000,” pungkasnya.(nna)