Beranda Regional Delapan Karyawan PT KPPS Berdarah di Hidung Usai Test Rapid Sendiri

Delapan Karyawan PT KPPS Berdarah di Hidung Usai Test Rapid Sendiri

Delapan karyawan PT Karawang Prima Sejahtera Steel (KPPS) di Desa Taman Mekar, Kecamatan Pangkalan, berdarah di hidung usai melakukan tes rapid antigen mandiri tanpa bantuan tenaga medis, Senin (28/6).

Keterangan dari Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Karawang Ahmad Suroto, tes rapid antigen diduga dilakukan oleh pimpinan perusahaan. Dari dalam hidung para korban mengalir darah segar. Beberapa korban juga mengalami sesak napas setelah dites mandiri. Pendarahan tersebut cukup parah sehingga para korban langsung dirujuk ke Puskesmas terdekat.

“Iya betul, mereka tes antigen sendiri. Disangkanya seperti minum obat,” kata Suroto saat dikonfirmasi, Senin (28/6).

Awalnya, kata Suroto, manajemen perusahaan nekat melakukan tes antigen mandiri setelah dua sampai tiga karyawannya terkonfirmasi positif COVID-19.

Setelah menelan korban, Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Karawang langsung menghentikan pelaksanaan rapid antigen mandiri. Satgas merekomendasikan agar pelaksanaan rapid antigen dilakukan oleh Puskesmas atau klinik terdekat.

“Perusahaan yang bersangkutan juga sudah kami peringatkan. Ini kan sudah jadi pelanggaran. Kami juga sudah koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Puskemas setempat agar langsung mengambilalih pelaksanaan rapid antigen,” sambung Suroto.

Seluruh karyawan yang sudah menjalani rapid antigen mandiri akan dites ulang oleh tenaga medis.

Sementara itu Kapolsek Pangkalan AKP Abdul Wahab Syaroni saat dikonfirmasi menuturkan pihaknya sudah menegur perusahaan agar ke depan tidak mengulangi perbuatan mereka. Polisi juga menyerahkan langkah selanjutnya ke Satgas Penanganan COVID-19.

“Swab harus dilakukan oleh orang-orang yang memiliki latar belakang tenaga kesehatan. Juga harus ada pemberitahuan ke Satgas COVID-19 minimal tingkat kecamatan,” kata Kapolsek.

Artikel sebelumnyaWakil Ketua II DPRD Lakukan Monitoring Terkait Pelaksanaan Vaksinasi di Puskesmas
Artikel selanjutnyaDPPKB Karawang Rayakan Harganas dengan Prestasi Mentereng