Beranda Regional Desa Payungsari Bangun Japak dan TPT

Desa Payungsari Bangun Japak dan TPT

PEDES, TVBERITA.CO.ID- Derasnya kucuran dana dari pemerintah ke tiap-tiap desa menuntut kemampuan kepala desa dalam penyerapan anggarannya. Masing-masing desa memiliki fokus yang berbeda dalam menyerap dan merealisasikan dana yang diterima desa.

Seperti yang dilakukan Kepala Desa Payungsari, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang, Dede Subhan, selalu fokuskan pembangunan di berbagai sektor. “Berbagai sektor kita lakukan pembangunan, seperti yang saat ini kita kerjakan dengan turunnya Dana Desa tahap 3, kita realisasikan ke berbagai sektor seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan lain-lain,” ungkap Dede Subhan, saat ditemui Minggu (18/11).

Dikatakannya, untuk peningkatan sarana prasarana infrastruktur pembangunan, Dede Subhan, mengatakan pihaknya telah membangun ratusan meter jalan setapak (Japak) yang berlokasi di Dusun Pedes 1dan Bayur 2 Desa Payungsari.

Disamping itu, pihaknya juga membangun TPT sub tertier, sepanjang 114 meter yang berfungsi untuk memperlancar saluran irigasi pertanian warga “Untuk infrastruktur, DD tahap 3 yang telah digelontorkan pemerintah, kami membangun jalan setapak yang dikerjakan secara swakelola dan melibatkan masyarakat setempat,” imbuhnya.

Menurutnya, perbaikan jalan yang sudah dikerjakan kini mulai dapat dirasakan dalam perubahannya, sehingga bisa dinikmati masyarakat setempat, dan bisa memperlancar akses jalan warga kedalam dusun, karena selama ini memang jalan-jalan tersebut sudah rusak parah.

Selain itu, dengan adanya pembangunan japak tersebut jalur distribusi pengangkutan hasil pertanian lebih lancar. Sehingga menurutnya biaya angkut hasil pertanian bisa ditekan dan menguntungkan warga setempat.

“Semua realisasi pembangunan dalam pelaksanaannya secara swakelola dengan meilibatkan masyarakat Desa sendiri, tidak melibatkan pemborong,”jelasnya. Sementara untuk sektor pendidikan pihaknya merealisasikan dana desa tersebut dengan memberikan insentif terhadap para pengajar PAUD dan TK yang ada di desa Payungsari. Sedikitnya 2 Paud dan 4 TK tega pengajarnya diberikan insentif dari Dana Desa tersebut.

“Untuk pendidikan kita memberikan insentif bagi para pengajar PAUD dan TK,” imbuhnya. Selain sektor-sektor tersebut, untuk pembangunan ekonomi kemasyarakatan, pihaknya juga menganggarkan penambahan penyertaan modal bagi BUMDes. Dengan harapan usaha yang dilakukan BUMDes tersebut berjalan lebih baik. “Untuk BUMDes, kita tambahkan untuk penambahan tenda,” imbuhnya.

Harapannya, dengan pembangunan infrastruktur TPT dan Japak salah satunya untuk memudahkan tansportasi pemeliharaan dan pengangkutan produksi hasil pertanian. “Pengecoran japak 83% merupakan jalan pertanian dan begitu juga dengan TPT yang dibangun adalah TPT Irigasi Sub Tersier, yang berfungsi untuk peningkatan produksi pertanian,” pungkasnya.(yay/ris)

Artikel sebelumnyaUntuk Menang di Jabar, Timses Jokowi Kerja Keras
Artikel selanjutnyaMinim Peserta, 12 Parpol Absen di Deklarasi Damai