Beranda Headline Diduga Peras Kades, Oknum LSM dan Wartawan di Karawang Kena OTT

Diduga Peras Kades, Oknum LSM dan Wartawan di Karawang Kena OTT

KARAWANG – Diduga lakukan pemerasan terhadap seorang Kepala Desa, oknum wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) KPK di Karawang ditangkap polisi.

Ketiganya diamankan dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT). Mereka ditangkap di rumah oknum LSM KPK di Kecamatan Rengasdengklok, Kamis pagi (21/4/2022) pukul 03.00 WIB.

Kepala Desa Srijaya, Kecamatan Tirtajaya, Lilis mengatakan, OTT tersebut buah kerjasama pihak kepala desa Srijaya dengan pihak kepolisan Karawang.

Dijelaskannya, oknum wartawan dan LSM tersebut melakukan pemerasan terkait PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) yang sedang berjalan.

Baca juga: Diduga Lakukan Pemerasan, Dua Auditor BPK Jabar Terjaring OTT Kejari Bekasi

Mulanya, sebut Lilis, mereka meminta uang sebesar Rp 152 juta, dengan melalui proses negosiasi, pihaknya harus memberikan sebesar Rp 25 juta.

“Dari kesepakatan tersebut, pertama saya memberikan uang sebesar Rp 10 juta, dan kedua tadi pagi sebesar Rp 3 juta,” ungkapnya, Kamis (21/4).

Sementara itu, Sekretaris Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia ( DPC Apdesi) Karawang, Alek Sukardi membenarkan adanya OTT oknum LSM dan wartawan. Sebelumnya, kata dia, ketiga oknum tersebut sudah lama meminta uang sebesar Rp 20 juta soal PTSL.

“Dan puncaknya tadi malam tertangkap tangan 3 orang dari LSM KPK satu dan dua orang oknum wartawan,” sambungnya.

Ketiganya kini sudah digiring ke Mapolres Karawang untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Baca juga: BPN Karawang Bagikan 1.061 Sertifikat PTSL di 5 Desa

“Sekarang (mereka) sudah ada di Polres Karawang,” ungkap Alek.

Alek mengapresiasi dan mendukung langkah hukum yang diambil kepala desa untuk menjadi sebuah pelajaran ke depannya ketika menghadapi oknum yang menunggangi profesi jurnalis. “Yang selama ini tidak menjalankan fungsi sebagai pewarta atau pembawa berita, tetapi hanya kedok untuk kepentingan pribadi masing-masing,” sambungnya.

“Sekali lagi mohon support serta dukungan dari teman-teman semua untuk kepala desa Srijaya,” tandasnya. (kii)