Beranda Karawang Diikuti 150 Mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBP Gelar Uji Kompetensi SDM

Diikuti 150 Mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBP Gelar Uji Kompetensi SDM

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID– Sebanyak 150 Mahasiswa/i Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang, Minggu 20 Desember-21 Desember 2019 mengikuti Pelatihan Uji Kompetensi dan Sumber Daya Manusia yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBP Karawang, bekerja sama dengan LDP Insan Kompeten Indonesia dan LSP MSDMKI, di Ballroom Hotel Swissbell-in, Karawang, Jawa Barat.

Para mahasiswa/i yang mengikuti uji kompetensi ini, merupakan mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Akuntasi dan Management Angkatan tahun 2016. Yang diuji oleh 6 orang asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Managemen Sumber Daya Manusia Kompeten Indonesia (MSDMKI).

Adapun asesor tersebut di antaranya adalah: Direktur LSP MSDKMI, Irwan.SE.MM.CHRM.CAC., Dekan fakultas Ekonomi dan Bisnis ; Dr.H.Budi Rismayadi.SE MM., Direktur LDP Insan Kompeten Indonesia, Ivo Latifah.CHRM.CAC.CTOT., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBP Karawang ; Dr.H.Budi Rismayadi, SE, MM., Dosen Fakultas Hukum, Irma Garwan SH.MH.CHRO.CAC dan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBP Karawang, Dra.Sari Marliani.MM.CHRM.CAC.

Dalam pelaksanaan uji kompetensi ini, Pre Assessment dimulai dengan setiap aksesor menguji 10 orang mahasiswa secara bergantian dengan metode tes tulis dan wawancara.

Sabtu tanggal 22 Desember 2019, pelatihan dilakukan dari pagi hingga sore yang diisi oleh beberapa orang Assesor yang juga merupakan trainer yang handal dari LSP MSDMKI. Dan kemudian Sabtu dan Minggu 28 dan 29 Desember 2019 akan diadakan Assesment real yang juga akan di uji kompetensi oleh Para Asesor dari LSP MSDKMI.

Dosen Fakultas Hukum UBP Karawang, yang juga menjadi asesor dalam kegiatan uji kompetensi tersebut, Irma Garwan SH.MH.CHRO.CAC, mengatakan kegiatan uji kompetensi dan sertifikasi ini sangat penting sekali diikuti oleh mahasiswa/i terutama kepada mahasiswa yang akan menyelesaikan kuliahnya.

Uji Kompetensi bertujuan untuk menguji SDM dari Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBP Karawang.

Lebih lanjut dijelaskannya, dari pelatihan ini nantinya, sertifikat yang diperoleh dapat sebagai surat keterangan pendampingan ijazah (SKPI) dan bisa menjadi salah satu persyaratan pendukung, pada saat melamar kerja di perusahan-perusahaan.

“Apabila Mahasiswa/i tersebut selesai menempuh kuliah dan memperoleh gelar sarjana, sertifikat tersebut dapat dipergunakan untuk salah satu persyaratan melamar kerja di perusahan-perusahaan, sebagaimana saat ini sedang digalakan oleh Pemerintah agar para Staff HR mempunyai Kompetensi di bidang HR,” kata Irma menjelaskan.

Senada dengan Irma, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBP Karawang, Dra.Sari Marliani.MM.CHRM.CAC., berharap melalui uji kompetensi ini, para mahasiswa yang akan lulus sudah mendapatkan sertifikat kompetensi sehingga ketika mereka (mahasiswa/i, Red) akan menghadapi dunia kerja kedepan , dapat menjadi lebih mudah.

“Diharapkan dengan uji kompetensi para mahasiswa juga dapat mandiri dan berwirausaha, dan sertifikasi ini menjadi lebih bermanfaat,” harapnya. (nna/kie)