Beranda Regional Diperketat, Lapas Karawang Kini Pakai X-Rays

Diperketat, Lapas Karawang Kini Pakai X-Rays

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Lapas perketat pengamanan bagi para nara pidana, Lapas Kelas II A Karawang gunakan mesin X-Rays untuk memeriksa barang bawaan masyarakat yang akan dibawa masuk ke dalam saat membesuk kerabatnya.

“X-Rays sudah sekitar 3 minggu kita operasikan, rencananya kita juga akan merubah pintu masuk agar ruang pemeriksaan awal bisa lebih luas. Karena dimomen-momen tertentu masyarakat yang datang membesuk sangat membludak,” ujar KPLP Lapas Karawang, Gowim kepada KORAN BERITA (Grup Tvberita.co.id), Rabu (3/1).

Menurutnya, dengan membludaknya jumlah nara pidana, membuat petugas harus bekerja ekstra keras untuk menjaga keamanan dan ketertiban di dalam lapas.

“Ke depannya kita harap bisa ada mesin untuk memeriksa tubuh, agar pengawasan di awal bisa lebih ketat. Apalagi petugas yang ada cukup terbatas, sehingga bukan cuma barang yang melalui sensor tapi juga bagian tubuh, jadi tidak ada yang disembunyikan dibagian tubuh,” katanya.

Disampaikan Gowim, pada hari libur jumlah masyarakat yang membesuk keluarga atau kerabatnnya bisa mencapai ratusan. Untuk itu, masyarakat diimbau agar tertib dan mengikuti aturan yang ditetapkan.

“Hari-hari biasa cuma 50 orang yang datang membesuk, kalau hari Sabtu-Minggu jauh lebih ramai. Apalagi kalau lebaran,” katanya.(put/ds)