Beranda Karawang Disdikpora Karawang Gelar Sosialisasi UN SMP/MTs

Disdikpora Karawang Gelar Sosialisasi UN SMP/MTs

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang menggelar sosialisasi Ujian Nasional (UN) jenjang SMP/MTs, Paket B dan Paket C tahun pelajaran 2019/2020. Kegiatan itu dilaksanakan di aula Disdikpora, Selasa (10/3/2020) pagi. Sosialisasi itu melibatkan seluruh kepala SMP Paket B dan Paket C di Karawang.

Kepala Disdikpora Karawang, Asep Junaedi melalui Kasie Kurikulum SMP, Warju mengatakan sosialisasi bertujuan untuk menyampaikan informasi penting terkait UN 2019/2020. Sosialisasi tahun 2019/2020 dengan tahun 2018/2019 tak banyak perbedaan.

Selain itu, juga membahas rencana penghapusan UN tahun depan (2021). Rencananya akan diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter.

‘Kami berharap pihak sekolah mampu memahami sosialisasi UN ini dan dibagikan ke masing-masing sekolah, supaya dewan guru mengetahuinya. Bila ada kendala harap segera memberitahukan kami atau lewat grup WhatssApp yang sudah tersedia. Kami berharap semua persiapan UN dan pelaksanaan UN berjalan lancar,” ungkap Warju saat diwawancarai di kantornya.

Ia menginformasikan, semua sekolah penyelenggara ujian nasional sudah menyatakan kesiapannya. Gladi bersih dan simulasi sudah dilaksanakan minggu lalu.

Dia juga mengatakan, tahun 2020 ini merupakan tahun terakhir pelaksanaan UN jenjang SMP/MTs berdasarkan Permendikbud Nomor 43 Tahun 2019. Warju berharap ujian nasional tahun 2020 bisa meningkatkan prestasi dan menjadi bahan evaluasi untuk pembelajaran dan pemetaan mutu pendidikan dan sekolah di Karawang. (nji/kie)