Beranda Regional Disdukcapil Karawang Sediakan 78 Ribu KIA

Disdukcapil Karawang Sediakan 78 Ribu KIA

39

TVBERITA.CO.ID, KARAWANG – Sebanyak 78 ribu Kartu Indonesia Anak (KIA) disediakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcatpil) Kabupaten Karawang dengan sasaran  difokuskan di enam kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang.

Selain itu, sosialisasi pembuatan KIA ini juga digencarkan ke SMP yang ada di wilayah perkotaan.

Disdukcapil Karawang melalui Sekretaris Disdukcatpil, Jajat Kusnadi mengatakan keenam kecamatan tersebut di antaranya adalah Karawang Barat, Karawang Timur, Telukjambe Barat, Telukjambe Timur, Klari, dan Cikampek.

Menurutnya, Disdukcatpil sudah menyediakan blangko KIA sebanyak 78 ribu.

Meski pemohon masih kurang. Oleh sebab itu sosialisasi terus digencarkan.

“Jumlah anak yang ada di Karawang sekitar 700 ribu orang, namun yang mengajukan masih belum terlalu banyak,” katanya.

Dijelaskan, untuk persyaratan KIA sendiri sudah disebar oleh Disdikpora bagi siswa SMP kelas kelas 7 sampai 9. Nantinya berkas persyaratan yang telah diisi akan dijemput bola ke SMP dan sederajat baik itu negeri maupun swasta yang ada di enam wilayah kecamatan.

“Persyaratannya adalah mengisi form permohonan KIA, fotokopi akta kelahiran, fotokopi kartu keluarga, dan fotokopi kartu tanda penduduk orangtua, dan pas foto anak berwarna ukuran 2×3, 2 lembar, dengan background disesuaikan dengan tahun lahir,” jelasnya.

Ia menambahkan, KIA berlaku untuk anak 0-5 tahun dan 5-16 tahun, dengan masa berlaku KIA bagi anak usia kurang dari 5 tahun adalah sampai anak usia 5 tahun. Bagi anak usia di atas 5 tahun adalah sampai anak berusia 17 tahun kurang 1 hari.

 “Masyarakat yang ingin mengajukan permohonan, dapat melengkapi persyaratan ke kecamatan masing-masing. Kalau sudah lengkap langsung ke Disdukcapil,” katanya.

 Diharapkan, segera mengurus proses KIA menjadi identitas bagi anak. Karena, tujuan dari KIA adalah untuk melindungi anak serta memberikan identitas bagi anak. “Ke depan tidak ada lagi data penduduk yang tidak terdata,” paparnya. (Nna/fzy)

Komentar Facebook