Beranda Regional Diskusi Menangkal Radikalisme, HMI Karawang: Ini Bentuk Perhatian Kita

Diskusi Menangkal Radikalisme, HMI Karawang: Ini Bentuk Perhatian Kita

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Pemikiran dan gerakan radikal kian menjamur di Indonesia. Tatanan kehidupan sosial yang tadinya rukun dan tentram seketika itu jadi tegang dan mencekam.

Brimob Kelapa Dua Depok, serangan bom bunuh diri di tiga Gereja Surabaya, ledakan di Sidoarjo, serangan bom bunuh diri di Mapolres Surabaya, dan Serangan terorisme di Mapolda Riau di Pekanbaru.

Aksi terorisme yang belakangan ini terjadi merupakan pertanda bahwa sesungguhnya paham dan gerakan radikal masih ada dan eksis menghantui bangsa ini.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas HMI Karawang hari ini Selasa, 24/07/2018 mengadakan kegiatan diskusi publik dengan membahas tema “Peran Perguruan Tinggi Dalam Menangkal Radikalisme”.

Ketua Pelaksana yang juga selaku Ketua Bidang Perguruan Tinggi, Kemahasiswaan, dan Kepemudaan HMI Karawang Ahmad Sobirin menjelaskan tentang agenda tersebut kepada Koran Berita. Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa kalangan Akademisi, Mahasiswa, Tokoh Organisasi Kemahasiswaan seperti BEM se- Karawang, HIMA se- Karawang, Organisasi Cipayung dan lain sebagainya.

“Kegiatan ini juga merupakan suatu bentuk perhatian kita memerangi bahaya radikalisme yang ada di Indonesia khususnya di Karawang. Semoga dalam diskusi ini bisa merumuskan formulasi baru yang nantinya bisa memberikan rekomendasi kepada pemerintah sebagai pemutus kebijakan dalam memerangi radikalisme di Karawang,”paparnya.

Ia juga menjelaskan berkaitan dengan bahaya radikalisme di Karawang, radikalisme di Karawang itu sendiri sudah ada. Hal ini ditandai dengan adanya oknum pelaku bom yang alamatnya di Karawang.

“Maka dari itu kita menggagas mulai dari ranah pendidikan dahulu agar bisa paham benar tentang bahaya dari radikalisme itu sendiri,”ujarnya.

Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana di sela-sela kegiatan saat ditemui Koran Berita sangat mengapresiasi kegiatan diskusi publik yang diadakan oleh HMI Karawang. Kegiatan ini murni kegiatan HMI Karawang yang dibiayai sendiri oleh organisasi, dan nantinya kegiatan seperti ini akan ia bantu.

“Saya salut kepada teman-teman penyelenggara karena sudah bisa mengumpulkan teman-teman organisasi lainnya. Di kegiatan ini kita bisa menyatukan konsep gagasan aktual dan langkah-langkah taktis kita dalam memerangi kejahatan radikalisme di Karawang,”ulasnya.

Dalam kesempatan yang sama ia juga mengucapkan terimakasih kepada penyelenggara acara bisa mengadakan acara ini. (nin/ds)