Beranda Regional Disnakertrans Karawang Segera Punya Layanan Terpadu Satu Pintu

Disnakertrans Karawang Segera Punya Layanan Terpadu Satu Pintu

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang, tidak lama lagi akan memiliki tempat pelayanan terpadu satu pintu bagi penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia asal Kabupaten Karawang.

Dimana Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) ini dibentuk untuk memastikan kualitas layanan pengurusan dokumen bagi TKI yang akan bekerja ke luar negeri, sehingga proses penempatan dan perlindungan TKI menjadi lebih optimal.

“LTSP untuk TKI ini rencananya akan dilaunchingkan berbarengan dengan Kabupaten Serang, dalam waktu dekat ini,” ujar Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Dalam dan Luar Negeri Disnakertrans Kabupaten Karawang Ayi Muchtar saat ditemui Koran Berita, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Dijelaskan Ayi, LTSP ini juga untuk meningkatkan pelayanan terpadu yang mudah, murah, aman, berkualitas dan cepat dalam rangka penempatan dan perlindungan TKI, serta menghindari praktek percaloan sehingga masyarakat mendapat pelayanan cepat dan nyaman.

Ayi menambahkan dengan adanya LTSP, maka seluruh pelayanan dokumen ketenagakerjaan yang menjadi kewenangan Disnakertrans, Disdukcapil, Kantor Imigrasi, Kepolisian, BP3TKI, PPTKIS, LPKS, Dinas Kesehatan, RSUD dan SKPD terkait diharapkan dapat terlayani dalam satu kantor.

“Keberadaan layanan terpadu bagi TKI ini mudah-mudahan diharapkan akan mempercepat dan mempermudah proses pengurusan dokumen mulai dari tahapan permohonan, pemberkasan sampai ke tahap pengambilan dokumen. Sistem dalam perekrutan, penempatan, dan paska pemulangan TKI bisa lebih baik dan efisien,”terangnya.

Oleh karenanya, lanjut Ayi, diperlukan sinergitas dari seluruh pihak agar seluruh proses pelayanan menjadi transparan, dapat mengurangi biaya, menghindarkan adanya birokrasi yang berbelit-belit,sehingga menimbulkan ketidakpercayaan para pemohon atau calon tenaga kerja.

“Kami berharap, dengan pengoperasian LTSP ini, kemudahan dalam pelayanan ketenagakerjaan yang sudah cukup lama didambakan oleh tenaga kerja Kabupaten Karawang dapat segera terwujud. Selain tentunya akan mampu memberikan bantuan pemasukan PAD dari setiap dokumen yang diurus, karena pembayarannya pun satu pintu melalui bank BJB,”paparnya.

Catatan Disnakertrans, rata-rata warga Karawang yang berangkat ke luar negeri dari tahun ke tahun terus meningkat. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, warga Kabupaten Karawang untuk menjadi TKI mencapai 25 ribu orang per tahun. Dan untuk tahun 2017 ini perbulan November sudah mencapai 2788 orang.

Adapun jenis-jenis kasus TKI asal Kabupaten Karawang ditahun 2017 sampai dengan bulan November sebanyak 34 Kasus meningkat lebih banyak dari tahun 2016 yang hanya 16 orang.(cr2/ds)