Beranda Purwakarta Disporaparbud Purwakarta Anggarkan Rp 2 Miliar untuk Kegiatan Pariwisata

Disporaparbud Purwakarta Anggarkan Rp 2 Miliar untuk Kegiatan Pariwisata

PURWAKARTA, TVBERITA.CO.ID– Disporaparbud Kabupaten Purwakarta menganggarkan Rp 2 Miliar untuk kegiatan Pariwisata tahun 2020 ini.

Hal ini dikatakan oleh Kabid Pariwisata Irfan Suryana Selasa (18/02/20) diruang kerjanya kepada media. “Anggaran di pariwisata untuk seluruh rangkaian kegiatan tahun 2020 sekitar Rp 2 Miliar, terbagi di beberapa kegiatan hingga kegiatan hari jadi Purwakarta nanti,” jelas Irfan.

“Dinas Pariwisata hanya mempromosikan saja, kalaupun ada kegiatan seperti gempungan dengan menyajikan wayang golek atau kesenian lainnya tergantung permintaan dari tempat kegiatan tersebut,” ujarnya menambahkan.

Dikatakannya, anggaran untuk kegiatan (gempungan) dialokasikan sekitar Rp200 Juta, dan anggaran tersebut diambil dari yang 2 Miliar.

“Sebelumnya dianggarkan Rp500 Juta namun tidak terealisasi, jadi kita manfaatkan anggaran yang ada walaupun terjadi penurunan anggaran yang sebelumnya mencapai Rp 3 Miliar untuk kegiatan Pariwisata,” paparnya.

Lebih lanjut, terang Irfan, untuk anggaran promosi sendiri di kisaran Rp100 Juta, konsepnya seperti pameran, kegiatan rakyat seperti heleran, ataupun kegiatan budaya yang diminta dari wilayah lain. “Kita mengirimkan team budaya setelah ada pengajuan dari wilayah lain,” imbuhnya.

“Demikian juga untuk kegiatan hari jadi, hanya dianggarkan Rp1 Miliar, namun digunakan untuk berbagai kegiatan seperti Mojang Jajaka, Festival Manggis yang dalam waktu dekat dilaksanakan hingga kegiatan hari jadi nanti, ini semua merupakan kebijakan Bupati untuk menggunakan anggaran yang sewajarnya,” pungkasnya. (trg/kie)