Beranda Regional DLHK Karawang Raih Penghargan Pengelolaan Sampah Terbaik 2018

DLHK Karawang Raih Penghargan Pengelolaan Sampah Terbaik 2018

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID- Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang meraih penghargaan terbaik ke -2 se- Jawa Barat dalam Inovasi Pengelolaan Sampah dan Limbah Industri pada Jabar Awards Juara Lahir Batin tahun 2018.
 
Penghargaan tersebut diserahkan oleh Asisten  Daerah Bidang Administrasi Sekretariat Daerah Pemerintahaan Propinsi Jawa Barat ir. H. Koesmayadie Tatang yang mewakili Gubernur Jawa Barat H. M Ridwan Kamil di aula gedung pemerintahan propinsi Jawa Barat, Rabu (26/12).
 
Dan, Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang Wawan Setiawan.
 
” Alhamdulillah inovasi pengelolaan sampah Kabupaten Karawang dapat award terbaik ke- 2 se- Jawa Barat Juara Lahir Batin,” ungkapnya senang.
 
Wawan menjelaskan,  DLHK meraih penghargaan tersebut karena dinilai mampu melakukan Pengelolaan sampah dan limbah industri dengan baik.
 
“Dimana kita memiliki inovasi limbah industri menjadi Refuse Derived Fuel (RDF) dan mendapat penghargaan award terbaik ke – 2 dalam kategori inovasi Jabar Juara Lahir Batin tahun 2018,” ungkap Wawan kembali mengulang.
 
Sedikit Wawan mengulas, inovasi yang dimiliki DLHK Kabupaten Karawang adalah sampah- sampah atau limbah- limbah industri yang diolah menjadi RDF atau pengganti batu bara.
 
Dimana , lanjutnya, dengan RDF harga batu bara yang awalnya seharga Rp 1100/kg menjadi jauh lebih murah. Karena harga RDF hanya Rp.700/kg sehingga perusahaan bisa menghemat anggaran sebesar 36 % untuk memanaskan broilernya.
 
“Dan saat ini, Kita sudah MoU dengan pihak swasta dan di pertengahan tahun 2019  mendatang kita akan melaksanakan pembangunan pabrik RDF -nya,” ujar Wawan menginformasikan.
 
Terakhir Wawan berharap, pengahargaan yang didapatnya ini bisa semakin memacu semangat DLHK untuk dapat terus bekerja dan berinovasi.(nna/ris)