Beranda Regional Dominan Pelanggaran Tak Pakai Helm Dijaring Operasi Zebra 2018

Dominan Pelanggaran Tak Pakai Helm Dijaring Operasi Zebra 2018

KARAWANG, TVBERITA.C0.ID- Sebanyak 5.793 pengendara roda dua (R2) dan roda empat (R4) terjaring Operasi Zebra Lodaya 2018, sejak 30 Oktober hingga 12 November 2018.

Dari data tersebut, pengendara R2 mendominasi pelanggaran lalulintas di Kabupaten Karawang. “Kebanyakan pelanggaran, pengendara tidak mengenakan helm, hanya yang mengendari yang memakai helm sedangkan yang dibonceng tidak,” ujar Kanit Turjawali Satlantas Polres Karawang, Ipda A. Idrus, Senin (12/11/2018).

Dikatakan, sejumlah masyarakat Karawang juga masih gemar berkendara melawan arus. Padahal perilaku tersebut membahayakan diri sendiri dan orang lain. Ada beberapa titik di daerah perkotaan Karawang yang kedapatan warga kerap melawan arus, di antaranya Jalan Ahmad Yani, depan Terminal Klari, Bundaran Galuh Mas, dan underpass Gonggo.

“Beberapa waktu lalu, kami memergoki masyarakat yang berkendara melawan arus saat tengah berpatroli. Padahal berkendara melawan arus membahayakan keselamatan dirinya dan orang lain,” katanya.

Idrus mengimbau kepada seluruh masyarakat, untuk berkendara dengan menaati rambu-rambu lalulintas dan senantiasa menjaga keselamatan. “Gunakan helm dan tak melawan arus. Lengkapi surat-surat (SIM dan STNK) saat berkendara,” pungkasnya.(KB)