Beranda Regional DPR Desak Subsidi Pupuk Dicabut, Dinilai Manjakan Petani

DPR Desak Subsidi Pupuk Dicabut, Dinilai Manjakan Petani

JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mendesak pemerintah agar mencabut subsidi pupuk bagi petani. Anggaran subsidi yang selama ini digunakan untuk pupuk dialihkan untuk subsidi harga komoditas pertanian yang dihasilkan petani.

Wakil Ketua Komisi IV DPR Hasan Aminuddin mengatakan, penyediaan subsidi pupuk hanya menimbulkan kegaduhan di lapangan. Pasalnya setiap tahun ketika akan ada pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) selalu timbul kegaduhan.

“Isu kelangkaan pupuk selalu terjadi setiap tahun anggaran berjalan dan saat musim tanam, termasuk awal tahun ini. Di mana orang tidak punya sawah dan yang punya sawah teriak pupuk langka,” Ucapnya.

Sementara itu, Kementrian Pertanian (Kementan) membantah adanya kelangkaan yang terjadi di pupuk yang membuat Wakil Ketua Komisi, Hasan membantah dan mendesak agar subsidi dicabut.

“saya mendesak supaya subsidi ini dicabut supaya tidak menimbulkan kegaduhan,” kata Hasan Aminuddin di Jakarta kemarin.

Selain itu, kebijakan subsidi pupuk ini juga terbukti tidak mampu mendongkrak produksi padi.

“Sudah sering petani dimanjakan subsidi, tapi tidak ada peningkatan produksi. Saya selaku pimpinan Komisi IV DPR mendesak pemerintah mencabut subsidi pupuk,” kata Hasan Aminuddin. (net)

Artikel sebelumnyaPeringati HPN 2021, Bupati Purwakarta; Insan Pers Berikan Informasi Aktual
Artikel selanjutnyaKarawang Dikepung Banjir, Ketua DPD KNPI Intuksikan Para Pengurus Turun Membantu Korban