Beranda Regional DPRD Karawang Lakukan RDP dengan APDESI Karawang

DPRD Karawang Lakukan RDP dengan APDESI Karawang

Tvberita.co.id , Karawang – DPRD Karawang gelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia ( APDESI ) Karawang, dalam pembahasan usul Kenaikan Siltap perangkat desa setara dengan UMK..

Selesai acara, Ketua Komisi 1 DPRD  H Budianto mengatakan semua aspirasi yang disampaikan oleh  Apdesi Karawang tentang kaitan kenaikan siltap kepala desa. Dirinya mengaku pernah melakukan study banding di beberapa kabupaten/kota di Jawa barat khususnya kabupaten tetangga seperti Kabupaten Purwakarta, Subang, Bekasi, Indramayu dan ternyata memang Siltap Kades di Karawang paling rendah di angka Rp 3,3 juta.

“Apdesi meminta Siltap Kades, perangkat, RT, RW dinaikkan. Mudah-mudahan kita bisa upayakan di APBD murni, namun jika tidak bisa, kita akan upayakan dianggaran perubahan,” kata Budianto.

Ia berjanji semua aspirasi dari rekan-rekan Apdesi akan disampaikan ke badan anggaran (banggar) agar nanti bisa ditindaklanjuti dalam rapat dengan para pimpinan, kemudian disampaikan juga nanti melalui TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah).

Sementara, Sekjen APDESI Karawang Alek Sukardi yang sekaligus sebagai Kepala Desa Karyamulya mengatakan tujuan kedatangannya yakni untuk meminta siltap Kades dan perangkat, RT, RW dinaikkan sesuai UMK Karawang.

Ia berharap, agar seluruh Kades tahu dan paham keadaan anggaran (APBD) yang sudah diketuk palu pada anggaran murni 2022. Untuk menaikan Siltap Kades, perangkat dan RT, RW di triwulan 1 dan 2 dengan cara menambah tunjangan di DBH nanti.

“Di anggaran perubahan DPRD Karawang akan menetapkan kenaikan Siltap yang bersumber dari ADD. Semoga apa yang diputuskan tadi bisa dilaksanakan dengan baik dan perjuangan kita dipandang sebagai perjuangan seluruh Kades yang ada di Kabupaten Karawang,” tandasnya.