Beranda Regional Dukung Ketahanan Pangan, PT PII Gelar Pelatihan Pertanian Sawah Tadah Hujan

Dukung Ketahanan Pangan, PT PII Gelar Pelatihan Pertanian Sawah Tadah Hujan

Karawang – PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) (“PT PII”), selaku salah satu Special Mission Vehicles (SMV) di bawah koordinasi Kementerian Keuangan (Kemenkeu), turut berpartisipasi untuk mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional yang dicanangkan Pemerintah, terutama dalam Ketahanan Pangan. Salah satu bentuk partisipasi PT PII ini dijalankan melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan petani serta pembuatan Demo Farm.

Muhammad Wahid Sutopo selaku Direktur utama PT PII mengatakan, Kabupaten Karawang sebagai salah satu penghasil padi terbesar di Indonesia dituntut untuk meningkatkan jumlah padi di setiap panennya. Selain itu juga kondisi pandemi Covid-19 yang tidak dapat dihindari sangat memberikan dampak besar terhadap panen hasil padi.

Salah satu yang sedang giat dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang adalah dengan membuka area tanam dengan menggunakan lahan tadah hujan. Sehubungan dengan kondisi inilah dibutuhkan terobosan baru dan pemodelan ketahanan pangan, khususnya beras, sangat perlu dilakukan secara berkelanjutan.

“Sehingga PT PII Kembali hadir membuat program pelatihan petani di tahun kedua di Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang ini yang berfokus pada petani padi pada lahan sawah tadah hujan,”katanya.

Di dalam pelaksanaan kegiatan ini, PT PII bekerja sama dengan Yayasan Inspirasi Anak Bangsa (YIAB), suatu organisasi non-profit yang aktif bergerak di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan dan ekonomi kemasyarakatan. Turut hadir Trias Sitaresmi M, Si dari Balai Besar Penelitian Tanaman Padi, yang memberi pelatihan.

Selain itu, pada tanggal 22 Juni 2021, PT PII telah memberikan pelatihan kepada 30 petani yang melibatkan kelompok tani di tiga (3) desa di Kecamatan Klari yakni Desa Curug, Desa Karanganyar, dan Desa Cimahi. Kegiatan pelatihan ini nantinya akan diberikan sebanyak enam (6) kali kepada para petani. Selain melibatkan petani padi sebagai penerima manfaat, PT PII juga melibatkan peserta didik dan guru dari SMKN Pertanian Kabupaten Karawang sebagai penerima manfaat pelatihan.

“Diharapkan dengan dapat membuka wawasan para petani millennial/petani muda untuk ikut berperan serta dalam mendukung hasil produk pertanian lokal melalui pelatihan packaging dan marketing on-line,”ujarnya.

Selain kegiatan pelatihan kepada petani dan peserta didik serta guru SMKN Pertanian, pada program CSR PT PII ini juga membuat lahan demo farm pada sawah tadah hujan seluas 1 hektar yang dengan memberikan intervensi pupuk organik. Lahan demo farm ini sudah dilakukan observasi dan kunjungan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Karawang dengan hasil sangat baik dibandingkan dengan lahan sawah pembandingnya.

“Ditargetkan panen raya demo farm ini dapat dilakukan diakhir bulan Juli 2021 dengan peningkatan signifikan dari panen sebelumnya,”pungkasnya.

Artikel sebelumnyaSatgas Covid Karawang Targetkan Vaksinasi Selesai Akhir Oktober 2021
Artikel selanjutnyaTingkatkan Kesadaran Bahaya Covid, INI Karawang Beri Edukasi Lewat Webinar