Beranda Headline Gagal Ginjal Akut di Jabar Capai 33 Kasus, Bertambah 8 dalam 3...

Gagal Ginjal Akut di Jabar Capai 33 Kasus, Bertambah 8 dalam 3 Hari

Gagal ginjal akut jabar
Ilustrasi kasus gagal ginjal akut di Jabar saat ini capai 33 kasus. Bertambah 8 dibanding 3 hari sebelumnya.

BANDUNG – Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat (Jabar) mencatat, per hari Minggu (23/10) terdapat 33 kasus gagal ginjal akut, 16 di antaranya meninggal dunia.

Jumlah kasus gagal ginjal akut di Jabar mengalami penambahan dibanding 3 hari sebelumnya yang mana terdapat 25 penderita, dan 15 di antaranya meninggal.

“Ada 33 kasus, meninggal 16,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Jabar Ryan Bayusantika Ristandi, melalui ponsel, Minggu (23/10) malam.

Dengan demikian, jumlah ini mengalami penambahan 8 kasus baru dari beberapa hari sebelumnya, yakni 20 Oktober 2022, yang saat itu masih 25 kasus gangguan ginjal akut dan 15 di antaranya meninggal dunia.

Mengenai perbedaan data kasus dengan yang beredar di sejumlah media, Ryan mengatakan data berbeda tersebut berasal dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) pusat.

Baca juga: Dear Bunda, Kenali 4 Gejala Gagal Ginjal Akut pada Anak

Namun, data yang diberikan Dinkes Jabar ini telah menjalani proses validasi bersama IDAI Jabar.

Dari sumber lain tersebut dinyatakan bahwa pada 18 Oktober 2022, dari 206 total kasus gangguan ginjal akut di Indonesia, di Jawa Barat terdapat 40 kasus dan 25 di antaranya meninggal dunia.

“Ini dari IDAI Pusat, silahkan langsung (konfirmasi ke IDAI pusat). Kami koordinasi dengan IDAI Jabar, tapi datanya beda dengan IDAI pusat. Data kami sudah divalidasi,” katanya melansir dari Tribunjabar.id.