Beranda Karawang Gandeng ITB, SMAN 1 Karawang Gelar Workshop untuk Guru Fisika dan Sains

Gandeng ITB, SMAN 1 Karawang Gelar Workshop untuk Guru Fisika dan Sains

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID– SMAN 1 Karawang bekerjasama dengan Institute Teknik Bandung (ITB) Fakultas MIPA mengadakan Workshop Penguatan Kompetensi Guru Mapel Fisika dan Sains untuk jenjang SMP-SMA se-Kabupaten Karawang. Kegiatan ini digelar di Ballroom Mercure Hotel, Rabu (11/12/2019) pagi dengan mengundang 17 orang narasumber yang semua berasal dari ITB.

Ketua Panitia Kegiatan,Lati Andriani, S.Pd., M.Pd mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh 135 peserta. Mereka merupakan guru guru fisika dan sains serta siswa program peminatan MIPA se-Kabupaten Karawang negeri dan swasta.

“Materi materi yang disampaikan fokus terhadap 4 poin, antara lain, penggunaan alat sederhana dalam praktikum fisika dan sains, penguatan motivasi siswa untuk lanjut ke PTN khususnya ITB, kiat kiat sukses menghadapi UN serta ujian tulis berbasis komputer (UTBK), kiat kiat sukses mengikuti Olimpiade sains (OSN) khususnya fisika,” ungkap Lati saat diwawancarai.

Lati mengungkapkan, sasaran workshop penguatan kompetensi ada 2, yaitu bagi guru dan siswa. Untuk guru, lanjut dia, kegiatan ini bertujuan meningkatkan rerata nilai Ujian Nasional (UN).

“Di Jabar secara umum, angka UN SMA untuk mata pelajaran MIPA dibawah nilai rerata 5,5,” ungkapnya.

Bagi siswa, ia melanjutkan, kegiatan ini bisa meningkatkan minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Dalam sambutanya, Kepala SMAN 1 Karawang, Drs. H. Dwi Setyono Agus HS.,M. Pd mengharapkan kegiatan ini bermanfaat untuk guru dan siswa lalu kerjasama tersebut bisa berlanjut terus dan bisa ditangkap oleh stakeholder dalam hal ini.

Sementara itu salah satu narasumber, Prof Triyanta menyambut baik dengan kerjasama ini dan berharap hubungan antara pihak perguruan tinggi dan sekolah sekolah yang ada Indonesia khususnya di kabupaten karawang.

“Sangat mendukung kegiatan ini dan tetap dilaksanakan dan semakin meluas dari manfaat maupun pesertanya,” ucapnya. (nji/kie)