Salah satu guru saat menunjukkan reruntuhan bangunan SDN Rawagempol Kulon 1.

KARAWANG – Lagi, akibat material yang sudah lapuk, bangunan sekolah dasar (SD) Negeri di Karawang kembali ambruk. Kali ini, peristiwa memalukan itu terjadi di SDN 1 Rawagempol Kulon 1, Kecamatan Cilamaya Wetan, pada Selasa (15/2).

Ambruknya dua ruang kelas tersebut terjadi saat pembinaan KKG guru sekira pukul 10.00 WIB. Tak ayal, insiden pun itu disaksikan langsung oleh Koowilcambidik, pengawas dan guru yang tengah mengikuti kegiatan.

Namun beruntung, saat kejadian tak memakan korban jiwa.

Baca juga: Ruang Kelas SDN Pancawati 4 Terancam Ambruk, Kepsek: Padahal Tiap Tahun Ajukan RKB

Kepala SDN Rawagempol Kulon 1, Tarim menuturkan, detik-detik ambruknya atap sekolah terjadi ketika kegiatan pembinaan KKG baru dibuka.

“Iya lagi KKG waktu Koorwil sehabis sambutan, terdengar suara retakan keras hingga ambruk bagian atap seketika, ya yang pembinaan berhamburan keluar,” ungkapnya.

“Hanya berdurasi 5 menitan bangunan yang semula terdengar suara ‘kreket, kreket’ itu, langsung ambruk saat kita tengah pembinaan KKG,” sambungnya.

Dijelaskannya, bangunan yang ambruk ini sudah dua tahun terakhir tak digunakan. Sebab kondisi materialnya sudah lapuk dan tak terawat, khawatir mengancam keselamatan. Makanya, selama Pembelaharan Tatap Muka (PTM) dilangsungkan, siswanya dibagi shift.