Beranda Karawang Gelar Pelantikan, Riung Mungpulung Balad Lodaya Berlangsung Semarak

Gelar Pelantikan, Riung Mungpulung Balad Lodaya Berlangsung Semarak

KARAWANG, TVBERITA.CO.ID – Dewan Pimpinan Pusat LSM LSM Lodaya Kabupaten Karawang gelar “Riung Mungpulung Balad Lodaya” pengukuhan pengurus, di Hotel Swiisbellin, Kamis (19/03). Acara berlangsung semarak, karena dimeriahkan sejumlah kesenian dan tarian asli Karawang. Dalam kegiatan tersebut, turut hadir sejumlah anggota DPRD Karawang dan Provinsi serta tokoh masyarakat.

Mengantisipasi penyebaran virus covid-19, sebelum memasuki tempat acara, peserta dan tamu undangan terlebih dahulu dicek suhu tubuh dan difasilitasi cairan antiseptik hand sanitizer.

Pupuhu LSM Lodaya Karawang, Nace Permana dalam sambutannya mengatakan, sejak berdiri dengan anggota yang mencapai ribuan orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Lodaya, sebagai wadah penyambung lidah rakyat, menempati posisi penting dalam gerakan prodemokrasi.

“LSM Lodaya berperan sebagai pengawas dan penyeimbang terhadap kekuasaan negara,” ujarnya, Kamis (19/03).

Ditambahkan Nace, di negara yang sudah mapan dan paling demokratis sekalipun tak ada jaminan doktrin trias politika tentang pembagian kekuasaan (eksekutif, legislatif, yudikatif) bisa berjalan ideal. Yang terjadi, ketiga cabang kekuasaan itu saling berselingkuh.

”Karena itu, perlu ada pilar keempat demokrasi: masyarakat sipil yang mencakup media, mahasiswa, LSM, dan lainnya. LSM lahir sebagai respons terhadap ketidakadilan sosial dan otoritarianisme negara. Dulu, LSM jadi tulang punggung gerakan sosial dan pemberdayaan masyarakat,” katanya.

Hal senada dikatakan Humas DPP LSM Lodaya Karawang Aep Saepulloh, sebagai wadah organisasi yang menampung, memproses, mengelola, dan melaksanakan semua aspirasi masyarakat dalam bidang pembangunan maupun pelayanan terutama pada bagian yang kerap kali tidak diperhatikan oleh pemerintah. Maka kehadiran LSM Lodaya menjadi wakil mereka yang tertindas hak-haknya.

”Sesuai namanya, kami akan kawal setiap permasalahan yang menimpa rakyat yang tertindas hingga tuntas,”pungkasnya.

Selain pengkuhan kepengurusan baru, LSM Lodaya secara simbolis menyerahkan dokumen administasi kelengkapan organisasi kepada Kesbangpolinmas. (kb1)