Beranda Headline Gelar Seminar Nasional, UBP Karawang Bahas Penguatan Keamanan Siber

Gelar Seminar Nasional, UBP Karawang Bahas Penguatan Keamanan Siber

Ubp karawang keamanan siber
Dalam seminar nasional bertajuk bertajuk "Building Students Competence In ACAD-CSIRT", UBP Karawang membahas penguatan keamanan siber bersama sejumlah kampus lain di Karawang.

KARAWANG – Sebagai kampus digital, UBP Karawang menggelar seminar nasional bertajuk “Building Students Competence In ACAD-CSIRT”. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Kegiatan ini juga menghadirkan beberapa perwakilan dari berbagai kampus, seperti UBL, BSI, Unsika, Universitas Kristen Marantha, Unpas dan 17 Perguruan Tinggi lainnya.

Turut hadir juga Chairman ACAD-CSRIT, Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A., M.Phil., M.A.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, BSSN memberikan Surat Tanda Registrasi (STR) CSIRT kepada UBP Karawang.

Baca juga: Genjot Kualitas SDM, UBP Karawang Gelar Bimtek untuk Dosen

Rektor UBP Karawang, Prof. Dr. Dedi Mulyadi SE., MM., menyebut, UBP Karawang menjadi Perguruan Tinggi ketiga yang menerima STR dari BSSN dari kurang lebih 4.500 Perguruan Tinggi di Indonesia.

“UBP ini menjadi yang ketiga yang mendapat STR di Indonesia,” ucapnya.

Rektor menilai, di era digital 4.0 keamanan siber harus betul-betul diperhatikan. Sebab 8 tahun eksistensi UBP dengan 12 ribu mahasiswanya tentu menyimpan berbagai data penting, mulai dari data keuangan, akademik dan sejenisnya.

Maka dari itu, penguatan tingkat keamanan siber di UBP Karawang tak bisa dianggap remeh.

“Ketika data hancur akibat serangan siber, bagaimana tanggungjawab kita terhadap stakeholder. Oleh karena itu, kami betul-betul merasa perlu melindungi ini,” tegasnya.

Peran UBP Karawang-CSIRT

Ketua pelaksana acara, Adi Rizky Pratama, M.Kom yang juga Kepala Bagian Pusdatin UBP Karawang menambahkan, UBP Karawang-CSIRT merupakan tim tanggap siber yang sudah dibentuk sejak 31 Agustus 2022 lalu.